Sumsel dukung perbaikan infrastruktur di Kabupaten OKI

id gubernur sumsel,gubernur herman deru,pemprov sumsel,sumatera selatan,kabupaten oki,ogan komering ilir,pemkab oki

Sumsel dukung perbaikan infrastruktur di Kabupaten OKI

Gubernur Sumsel Herman Deru pada acara peresmian sejumlah proyek infrastruktur di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kamis (29/4/2021). ANTARA/HO

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mendukung perbaikan infrastruktur di Kabupaten Ogan Komering Ilir dengan menggunakan dana APBD 2019 dan 2020.

Gubernur Sumsel Herman Deru di Kabupaten OKI, Kamis, mengatakan pada 2019 disalurkan dana Rp159 miliar dan pada 2020 meningkat menjadi Rp138 miliar.

Terdapat 24 kegiatan pembangunan pada 2019 dan 32 pembangunan pada 2020 meliputi peningkatan jalan, pembangunan sarana dan prasarana perumahan dan pemukiman, irigasi, penanggulangan banjir, perpipaan dan perbaikan jalan kabupaten hingga kegiatan non fisik serta pembebasan lahan exit tol.

"Pembangunan ini perlahan melepaskan OKI dari keterbatasan infrastruktur selama ini," kata Herman saat peresmian sejumlah infrastruktur di Kabupaten OKI.

Melalui kerja sama berbagai pihak, tak hanya perbaikan infrastruktur namun perbaikan ekonomi juga mulai terasa di Kabupaten OKI dengan ditandai penurunan angka kemiskinan.

Dalam kesempatan itu, Herman menekankan Pemkab OKI  berkolaborasi dengan berbagai pihak supaya keberadaan jalur Tol Trans-Sumatera yang melintasi kabupaten dapat menjadi optimal.

"Jangan sampai pembangunan megah itu tidak berdampak langsung bagi peningkatan perekonomian warga," kata dia.

Keberadaan jalan tol ini memudahkan OKI terhubung dengan kabupaten tetangga yakni OKU Timur, OKI dan OKU Selatan.

"Semuanya lewat di sini (OKI) dari Muara Dua OKU Selatan. Cukup 5-6 jam sudah bisa sampai, sebelumnya 20 jam. Ini berkah luar biasa," kata dia.

Sementara itu, Bupati OKI Iskandar mengucapkan terima kasih atas perhatian dan bantuan yang telah diberikan Gubernur Sumsel tersebut.

Pembangunan infrastruktur di Kabupaten OKI menggunakan APBD 2019 dan 2020 yang dialokasikan melalui anggaran belanja organisasi perangkat daerah (OPD) berdasarkan kewenangan provinsi.

"Bantuan keuangan ini bersifat khusus dimanfaatkan untuk mendukung percepatan pembangunan di Kabupaten OKI," kata dia.

Di antaranya meningkatkan konektivitas OKI dan sekitarnya serta pusat kegiatan dan pemukiman melalui perbaikan dan peningkatan jalan di batas Kota Palembang-Kayuagung, peningkatan jalan Dabuk Rejo-Bts OKUT, peningkatan jalan Simpang Penyandingan-Bts OKUT, pembangunan jalan exit tol Mesuji dan pembangunan jembatan Air Sugihan Tahap I.