Warga Sumsel diimbau tingkatkan PHBS tekan penyebaran COVID-19

id Phbs, tekan penyebaran covid-19, dinkes sumsel, dinkes sumsel imbau tingkatkan phbs, perilaku hidup bersih dan sehat,berita sumsel, berita palembang,

Warga Sumsel diimbau tingkatkan PHBS tekan  penyebaran COVID-19

Puskesmas di kawasan Pakjo Palembang salah satu fasilitas kesehatan yang petugasnya aktif mengedukasi warga melakukan PHBS dan protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19 . (ANTARA/Yudi Abdullah/21)

Palembang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Sumatera Selatan mengimbau masyarakat untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta disiplin menerapkan protokol kesehatan guna menekan angka penyebaran COVID-19 yang akhir-akhir ini terjadi peningkatan kasus positif di sejumlah daerah.

"Peningkatan PHBS dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan merupakan cara yang efektif untuk mencegah gangguan kesehatan dan penularan virus corona jenis baru itu," kata Kepala Dinkes Sumsel Lesty Nurainy di Palembang, Kamis.

Menurut dia, tingkat penyebaran COVID-19 di provinsi dengan 17 kabupaten/kota ini masih cukup tinggi, sehingga memerlukan perhatian bersama agar kondisinya tidak semakin parah.

Dalam kondisi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro di sejumlah daerah, masyarakat boleh melakukan berbagai aktivitas di luar rumah namun dengan menerapkan PHBS dan protokol kesehatan secara disiplin.

Untuk meningkatkan PHBS dan mendisiplinkan masyarakat menerapkan protokol kesehatan antisipasi COVID-19, pihaknya berupaya menurunkan petugas kesehatan ke kawasan permukiman penduduk untuk mengedukasi masyarakat.

Masyarakat harus memperhatikan indikator PHBS dan protokol kesehatan seperti mencuci tangan menggunakan air bersih dan sabun, mengonsumsi sayur dan buah harian, serta melakukan olahraga, menggunakan masker, serta menjaga jarak fisik.

Melalui upaya tersebut dapat mendukung Gerakan Indonesia Sehat serta bagian dari strategi untuk mengurangi beban negara dan masyarakat dalam pembiayaan kesehatan, ujar kadinkes.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar