BPBD Sumsel imbau masyarakat waspadai bencana angin langkisau

id angin langkisau, waspadai bencana angin langkisau, musim pancaroba, waspadai bencana musim pancaroba, bpbd susmel imbau ,berita sumsel, berita palemba

BPBD Sumsel imbau masyarakat waspadai  bencana angin langkisau

Kepala BPBD Sumsel, Iriansyah (ANTARA/Yudi Abdullah/21)

Palembang (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan mengimbau masyarakat provinsi setempat mewaspadai bencana angin Langkisau pada musim pancaroba atau peralihan dari musim hujan ke musim kemarau.

"Bencana angin Langkisau atau puting beliung yang terjadi di sejumlah daerah beberapa pekan terakhir seperti Kota Palembang, Kabupaten Ogan Ilir, Banyuasin, dan Kabupaten Ogan Komering Ulu perlu diwaspadai karena masih berpotensi terjadi baik di daerah tersebut maupun daerah lain selama musim pancaroba pada April 2021 ini," kata Kepala BPBD Sumsel, Iriansyah di Palembang, Rabu.

Potensi hujan lebat disertai angin kencang pada siang hingga malam hari kemungkinan masih terjadi di Kota Palembang dan 16 kabupaten/kota Sumsel lainnya.

"Melihat kondisi tersebut, masyarakat di provinsi ini pada musim peralihan atau pancaroba ini agar mewaspadai kemungkinan terjadinya bencana angin Langkisau yang dapat merusak atap rumah dan merobohkan pohon," ujarnya.

Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan diperlukan kewaspadaan yang tinggi dengan menghindari berada di sekitar benda-benda atau pohon yang diperkirakan mudah roboh.

Dengan kewaspadaan yang tinggi, ketika terjadi angin kencang disertai turunnya hujan bisa meminimalkan kerugian masyarakat dan dicegah timbulnya korban jiwa.

Selain angin Langkisau, pada musim pancaroba dari musim hujan ke kemarau masyarakat juga diimbau untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya kekeringan dan kebakaran hutan/lahan (karhutla), kata Iriansyah.