Bupati OKI sebut program daerahnya sesuai dengan tujuh prioritas nasional

id Bupati Ogan Komering Ilir,Iskandar,Kayuagung,SDM berkualitas, daerah tujuan nasional,pembangunan daerah,teluk gelam

Bupati OKI sebut program daerahnya sesuai dengan tujuh prioritas nasional

Bupati Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, Iskandar. (ANTARA/HO/21)

Sumsel (ANTARA) - Bupati Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, Iskandar megatakan program daerahnya pada tahun 2021-2022 sejalan dengan tujuh prioritas nasional.

Iskandar di Kayuagung, mengatakan terdapat tujuh prioritas itu mencakup, peningkatan ekonomi dengan mendorong inovasi potensi lokal, peningkatan produksi pangan yang memiliki nilai tambah, mendorong program padat karya tunai, pengembangan wilayah.

Kemudian, pembangunan SDM berkualitas dan berdaya saing, revolusi mental dan kebudayaan, pembangunan infrastruktur, lingkungan hidup dan ketahanan bencana, stabilitas polhukkam dan transformasi pelayanan publik melalui restrukturisasi dan reformasi birokrasi.

Oleh karena itu pemkab menjadikan pemulihan ekonomi dan perbaikan infrastruktur sebagai prioritas dalam pembangunan pada tahun 2022.

Program prioritas itu diharapkan mampu mengatasi masalah daerah, mengembangan potensi daerah serta mendukung capaian pembangunan nasional.

“Prioritas kita masih fokus pada pemulihan ekonomi baik melalui jaring pengaman sosial maupun program padat karya untuk mendorong daya beli masyarakat,” katanya, Jumat.

Iskandar mengemukakan anggaran baik pusat maupun daerah sangat terbatas, sehingga ia berharap kolaborasi antarinstansi maupun swasta untuk mememuhi kebutuhan pembangunan daerah.

“Fokus kita memang di infrastruktur, perbaikan jalan misalnya. Namun demikian skala prioritas karena tidak bisa kita selesaikan dalam satu tahun anggaran,” kata dia.

Apalagi, kata dia, panjang jalan status kabupaten di OKI mencapai 2.037,11 Kilometer. Oleh karena itu, menurut Iskandar, tidak semua pembangunan harus menggunakan APBN dan APBD.