Aktivitas sesar lokal memicu gempa di Karo

id gempa di Karo,Gempa tektonik,BBMKG Medan,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, palembang hari ini

Aktivitas sesar lokal memicu gempa di Karo

Arsip - Gempa bumi yang terjadi di pada Jumat pukul 02.48.40 WIB dengan episenter koordinat 3,10 LU dan 98,13 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 41 km arah Barat Daya Kabupaten Karo, Sumatera Utara, tidak berpotensi tsunami. (ANTARA/HO)

Medan (ANTARA) - Gempa tektonik dengan magnitudo 2,5 yang terjadi di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, pada Minggu pukul 12.50 WIB merupakan gempa bumi dangkal yang terjadi akibat aktifitas sesar lokal menurut Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Medan.

Menurut BBMKG, episenter gempa bumi tersebut berada di darat pada koordinat 3.16 LU dan 98.53 BT, sekitar tujuh kilometer timur laut Kabupaten Karo, pada kedalaman satu kilometer.

Gempa dilaporkan dirasakan di wilayah Kabanjahe pada Skala Intensitas III MMI, getarannya dirasakan nyata di dalam rumah dan terasa getaran seakan ada truk berlalu.

Menurut BBMKG, sampai saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan yang terjadi akibat gempa bumi tersebut.

"Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, " kata Pelaksana Tugas Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Eridawati.

 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar