Satu tahun Tim Dekontaminasi COVID-19 Sleman telah kebumikan 587 jenazah

id Tim Dekontaminasi COVID-19 ,Dekontaminasi COVID-19 Sleman ,Satgas COVID-19 Sleman ,Pemakaman jenazah COVID-19 ,Kabupaten

Satu tahun Tim Dekontaminasi COVID-19 Sleman telah kebumikan 587 jenazah

Petugas Tim Dekontaminasi dan Pemakaman Satgas COVID-19 Sleman memakamkan jenazah pasien COVID-19. Foto Antara/HO-Tim Dekontaminasi COVID-19 Sleman

Sleman (ANTARA) - Tim Dekontaminasi dan Pemakaman, Satgas COVID-19 Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta selama satu tahun menjalankan tugas kemanusiaan dari 22 April 2020 hingga 22 April 2021 telah memakamkan sebanyak 587 jenazah pasien COVID-19.

"Total hingga hari ke-365 Tim Dekontaminasi dan Pemakaman COVID-19 bertugas atau Kamis 22 April 2021, telah melakukan pemakaman jenazah pasien COVID-19 sebanyak 587 pemakaman," kata Koordinator Tim Dekontaminasi dan Pemakaman Satgas COVID-19 Kabupaten Sleman Makwan di Sleman, Sabtu.

Menurut dia, sedangkan untuk total pemulasaran sebanyak 17 pemulasaran, dekontaminasi armada sebanyak 3.147 armada.

"Sedangkan dekontaminasi terhadap petugas dekontaminasi dan pemakaman sebanyak 8.445 petugas," katanya.

Ia mengatakan, tim Dekontaminasi dan Pemakaman Satgas COVID-19 Sleman selalu siaga 24 jam dalam tujuh hari seminggu, guna menunaikan tugas kemanusiaan.

"Seluruh anggota tim seperti tidak mengenal lelah, selalu siaga penuh 24 jam selama tujuh hari seminggu, siap siaga dan bergerak ketika ada tugas memanggil untuk pemakaman jenazah pasien COVID-19 maupun melakukan dekontaminasi," katanya.

Makwan mengatakan, selain tugas pemakaman, tim juga bertugas melakukan dekontaminasi kendaraan ambulans maupun mobil jenazah yang membawa pasien COVID-19.

"Dekontaminasi dilaksanakan di Lokasi Posko Dekontaminasi yang berada di area kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman Jalan KRT Pringgodiningrat, Beran, Tridadi, Sleman," katanya.

Ia mengatakan, bekerja menggunakan Alat Pengaman Diri (APD) bukanlah hal yang mudah, terlebih menangani dan mengebumikan jenazah. Selain bermodal semangat kerja keras dan keikhlasan, setiap harinya sebelum menjalankan tugas, tim diberikan arahan atau safety briefing, evaluasi, dan serah terima antarketua tim, serta selalu dalam pengawasan pengendali posko dekontaminasi.

"Tim yang terdiri dari gabungan unsur BPBD Kabupaten Sleman, PMI Kabupaten Sleman, dan Komunitas Relawan di bawah koordinasi Forum komunikasi komunitas relawan Sleman /FKKRS ini, sebelumnya telah menerima bimbingan teknis Panduan Desinfeksi dalam Rangka Pencegahan Penularan COVID-19, dan Panduan tentang Penggunaan APD Bagi Petugas dan pelatihan penanganan/pemulasaran jenazah selama pandemi," katanya.

Pada waktu tertentu, kata dia, tim juga berkesempatan untuk berdiskusi dengan tentang perkembangan terbaru COVID-19 bersama narasumber ahli.

Pembekalan tersebut diharapkan dapat menjadikan relawan yang berasal dari masyarakat, dapat bertugas dengan baik, juga menjadi contoh teladan dan sumber informasi yang tepat mengenai pencegahan COVID-19 kepada masyarakat lainnya.

"Selain itu, untuk memastikan kesehatan anggota tim, maka dilakukan vaksinasi COVID-19, pemeriksaan kesehatan secara berkala oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman," katanya.