Dinsos Sumsel klaim penyaluran bansos sesuai sasaran

id bansos, penyaluran bansos sesuai sasaran, awasi ketat penyaluran bansos, bantuan prorogram kemensos, tiga program bansos

Dinsos Sumsel klaim penyaluran bansos sesuai sasaran

Penyaluran bantuan (ANTARA/Yudi Abdullah/21)

Palembang (ANTARA) - Dinas Sosial Sumatera Selatan menilai penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat miskin di 17 kabupaten dan kota dalam provinsi setempat pada 2021 ini sesuai sasaran.

Tiga jenis bantuan sosial yakni Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Sembako sepanjang 2021 ini sesuai sasaran atau data keluarga penerima manfaat, kata Kepala Dinas Sosial Sumsel, Mirwansyah di Palembang, Jumat.

Dia menjelaskan, pada tahun 2021 ini, terdapat 1.106.949 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Sumsel yang berhak menerima bansos program Kementerian Sosial.

Perincian bansos yang disalurkan kepada masyarakat secara bertahap sepanjang tahun ini yakni Bantuan Sosial Tunai untuk 131.664 KPM sebesar Rp300.000/KPM selama empat bulan penuh.

Kemudian Bantuan PKH untuk 328.570 KPM, dan Bantuan Sembako untuk 646.715 KPM, katanya.

Menurut dia, untuk penyaluran bantuan berupa uang tunai, dilakukan melalui bank milik negara dan PT Pos Indonesia yang dipercaya selama ini mendistribusikannya dengan baik kepada KPM.

Begitu juga dengan bantuan sembako, disalurkan kepada masyarakat yang terdaftar dalam KPM melalui Bulog seperti yang berlangsung dengan baik selama ini.

Selain menurunkan tim untuk melakukan pengawasan memastikan tiga jenis bansos tersebut terdistribusi dengan baik tanpa ada potongan, tepat waktu dan sasaran, pihaknya mengharapkan partisipasi dari semua pihak dan lapisan masyarakat untuk melaporkan kepada pihaknya jika mengetahui adanya penyimpangan bansos, ujarnya.