BPJAMSOSTEK salurkan beasiswa ke 595 pelajar di Sumbagsel

id beasiswa,pelajar,bpjamsostek

BPJAMSOSTEK salurkan beasiswa ke 595 pelajar di Sumbagsel

Penyerahan beasiswa secara simbolis oleh BPJAMSOSTEK Wilayah Sumbagsel ke pelajar Sumatera Selatan di Palembang, Rabu (21/4). (ANTARA/Dolly Rosana/21)

Palembang (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) menyalurkan beasiswa ke 219 pelajar di wilayah Sumatera Bagian Selatan sebagai manfaat dari kepesertaan program jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

Deputi Direktur Wilayah BP Jamsostek Sumbagsel Surya Rizal di Palembang, Kamis, mengatakan, badan penyelenggara menyalurkan dana senilai total Rp103,53 miliar untuk 595 anak peserta di 5 provinsi, yakni Sumatera Selatan (Sumsel), Lampung, Bengkulu, Jambi dan Bangka Belitung.

“Terbanyak berada di wilayah Sumsel dengan pemberian manfaat sebanyak Rp38 miliar untuk 219 anak,” kata dia.

Surya menjelaskan pembayaran beasiswa tersebut merupakan tindak lanjut dari pengesahan Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Permenaker tersebut mengatur teknis pelaksanaan pemberian manfaat JKK, JKM dan JHT, dengan salah satunya adalah pembayaran beasiswa pendidikan bagi anak ahli waris peserta, yang efektif berlaku pada 1 April 2021.

BPJAMSOSTEK pun menargetkan pemberian beasiswa akan selesai diserahkan sebelum Lebaran 2021.

“Target kami, dan juga menjadi target dari Menaker, bahwa beasiswa itu akan diberikan kepada para penerima manfaat sebelum Bulan Syawal,” kata dia.

Ia mengemukakan, penerima beasiswa merupakan anak-anak dari peserta BPJS Ketenagakerjaan yang orang tuanya meninggal dunia karena kecelakaan kerja atau meninggal biasa dan mengalami cacat.

Menurutnya, BPJAMSOSTEK juga mengutamakan jaminan keberlangsungan pendidikan anak Indonesia.

“Pendidikan anak lebih terjamin. Beasiswa akan diberikan sejak TK hingga anak pekerja lulus dari bangku kuliah,” katanya.

Ia menjelaskan, untuk TK sampai dengan SD, beasiswa yang diberikan sebesar Rp1,5 juta per tahun maksimal selama delapan tahun. Kemudian untuk SMP sebesar Rp2 juta untuk tiga tahun, SMA Rp3 juta untuk tiga tahun dan untuk bangku perkuliahan sebesar Rp12 juta maksimal lima tahun.

“Tidak hanya beasiswa, ada manfaat lain yang kami berikan, yakni santunan jaminan kematian yang menjadi Rp42 juta, santunan sementara tidak masuk bekerja yakni 100 persen untuk 12 bulan pertama hingga home carsenilai Rp20 juta,” kata dia.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar