74 ribu pekerja migran Indonesia dipulangkan dari Malaysia melalui Kepri

id Pemulangan TKI Kepri,covid kepri

74 ribu pekerja migran Indonesia  dipulangkan dari Malaysia  melalui Kepri

Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad didampingi jajaran meninjau Pelabuhan SBP Tanjungpinang. ANTARA/Ogen

Tanjungpinang (ANTARA) - Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad mengatakan selama pandemi COVID-19 sudah ada 74 ribu lebih pekerja migran Indonesia (PMI) dari Malaysia dan Singapura yang dipulangkan melalui melalui pintu masuk di daerah tersebut.

"Selama Januari-April 2021, ada 11 ribu lebih PMI khusus dari Malaysia dipulangkan melalui Kepri," kata Ansar Ahmad di Tanjungpinang, Minggu.

Menurut Ansar, PMI ini dipulangkan karena habis masa kontrak kerja dan imbas lockdown akibat pandemi COVID-19 di negara tetangga tersebut.

Ironinya menurut Gubernur, pemulangan PMI itu jadi salah satu pemicu fluktuasi pertumbuhan kasus COVID-19 di wilayah Kepri.

"Sekitar 20 persen kasus COVID-19 dipicu klaster PMI," ujar Ansar.

Oleh karena itu, Ansar mengharapkan Pemerintah Pusat memberi perhatian khusus sekaligus mencari solusi terkait pemulangan para PMI tersebut.

Karena, menurutnya, Pemda Kepri saat ini sedang berjuang membuka pintu masuk wisman dalam rangka pemulihan ekonomi dampak dari pandemi COVID-19.

Selain itu, Pemda Kepri harus mengendalikan laju pertumbuhan angka COVID-19 dengan berbagai upaya dan kerja keras bersama seluruh stakeholder terkait.

"Kami segera rapat dengan kementerian terkait, guna membicarakan permasalahan PMI ini," tuturnya.

 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar