Pemkab OKU optimalkan posko Satgas COVID-19

id Posko COVID-19, optimalkan tugas, PPKM Mikro, sterilkan tempat ibadah, virus Corona, Satgas COVID-19 OKU

Pemkab OKU optimalkan posko Satgas COVID-19

Tim Prokes Dinas Kesehatan OKU melakukan penyemprotan disinfektan di masjid dan mushala, Jumat (16/4). ANTARA/Edo Purmana/21

Baturaja (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mengoptimalkan tugas dan fungsi posko satuan tugas penanganan COVID-19 di seluruh kecamatan guna menekan angka penyebaran virus corona di wilayah itu.

Sekretaris Satgas COVID-19 Ogan Komering Ulu (OKU), Amzar Kristopa di Baturaja, Jumat mengatakan, dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro pihaknya meminta setiap posko di tingkat kecamatan, desa dan kelurahan mengoptimalkan tugasnya dalam memberikan edukasi kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan.

Petugas di posko ini wajib mengkoordinasikan keterlibatan sumber daya berbagai mitra di wilayah masing-masing dan membantu puskesmas dalam mendeteksi dini kasus COVID-19 agar dapat segera ditangani sehingga tidak terjadi penularan di lingkungan masyarakat sekitar.

Posko ini juga bertugas mengkompilasi hasil pendataan satgas tingkat kelurahan terkait warga pendatang dan pemudik untuk dikarantina secara mandiri.

"Termasuk melakukan pendataan warga yang rentan tertular virus corona mulai dari orang tua, balita dan warga yang memiliki penyakit menahun dan kronis lainnya," katanya.

Dia juga menegaskan agar Dinas Kesehatan OKU fokus menjalankan 3T khususnya di tiga kecamatan meliputi Baturaja Barat, Baturaja Timur dan Lubuk Batang karena merupakan daerah tertinggi penyebaran COVID-19.

Dalam melaksanakan 3T yaitu testing, treatment dan tracing kontak ini tim prokes bertugas mensterilkan tempat ibadah umat Muslim dengan cara menyemprotkan cairan disinfektan di seluruh masjid dan mushala yang ada di Kabupaten OKU.

Hal tersebut dilakukan guna memberikan rasa aman bagi jemaah saat melaksanakan sholat berjamaah maupun kegiatan keagamaan lainnya di rumah ibadah selama bulan suci Ramadhan.

"Kami juga akan mempercepat pelaksanaan vaksinasi untuk guru tenaga pengajar di OKU menjelang KBM tatap muka yang dijadwalkan dimulai pada tahun ajaran baru nanti," ujarnya.