Pertamina siap tambah pasokan LPG 3Kg ke Kabupaten Merangin Jambi

id jambi, merangin, penyaluran,lpg 3kg, pertamina jambi

Pertamina siap tambah pasokan LPG 3Kg ke Kabupaten Merangin Jambi

Pertamina siap melakukan "extra dropping" atau penyaluran fakultatifLPG 3 kilogram bersubsidi ke sejumlah pangkalan di Kabupaten Merangin Provinsi Jambi, setidaknya selama bulan April 2021. (ANTARA/HO/Ist)

Jambi (ANTARA) - Pertamina siap melakukan "extra dropping" atau penyaluran fakultatif LPG 3 kilogram bersubsidi ke sejumlah pangkalan di Kabupaten Merangin Provinsi Jambi, setidaknya selama bulan April 2021.

Unit Manager Communication, Relation & CSR MOR II, Umar Ibnu Hasan dalam keterangannya, Jumat,  meyakinkan kondisi stok dan penyaluran LPG 3 Kg di Kabupaten Merangin itu terjamin aman.

Pertamina telah menyiapkan tambahan penyaluran untuk wilayah di Kabupaten Merangin sebesar 38 persen dari alokasi normal, yaitu 46.480 Tabung LPG 3 Kg bersubsidi khusus untuk Desa Tambang Baru, pada Rabu (14/4) telah kirim  320 tabung.

"Pertamina akan terus meninjau kondisi di lapangan dan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan ketersediaan dan pendistribusian LPG berjalan lancar. Penyaluran LPG 3 Kg Bersubsidi berjalan normal dan disesuaikan dengan kuota yang ditetapkan Pemerintah, " kata Umar

Dirinya mengungkapkan, untuk memastikan ketersediaan LPG 3 Kg, Pertamina telah menyiapkan berbagai langkah antisipasi untuk dapat melayani kebutuhan LPG masyarakat, melakukan langkah pengamanan dan pemantauan suplai, koordinasi dengan pihak terkait seperti Pemerintah Daerah (Pemda), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), aparat setempat hingga Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) serta Agen.

“Jika masih dibutuhkan, untuk produk LPG 3 Kg bersubsidi, Pertamina akan melakukan penyaluran fakultatif ke sejumlah pangkalan sesuai dengan kebutuhan masyarakat," kata Umar.

Ketersediaan LPG di Kabupaten Merangin dilayani oleh 256 Pangkalan yang mendapat pasokan dari 3 Agen.

Pertamina selalu berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, terlebih pada produk subsidi seperti LPG 3 Kg ini yang peruntukan nya bagi rumah tangga miskin serta usaha mikro sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM No.26 Tahun 2009 tentang Pendistribusian LPG.

"Pertamina juga menghimbau kepada masyarakat yang berhak menggunakan LPG 3 Kg bersubsidi untuk membeli melalui pangkalan resmi agar tepat harga (sesuai HET) dan tepat isinya serta terhindar dari produk oplosan," tutup Umar.

Adapun ciri-ciri pangkalan resmi Pertamina, memiliki plang warna hijau yang mencantumkan nama pangkalan, nomor registrasi, menampilkan Harga Eceran Tertinggi (HET), terdapat kontak pangkalan dan Call Center Pertamina 135.

Bagi warga yang memiliki daya beli, Pertamina telah menyediakan LPG Non Subsidi yang saat ini tersedia dalam kemasan Bright Gas 5,5 Kg dan Bright Gas 12 Kg.

Masyarakat dapat memperoleh produk Bright Gas di agen, sub agen/ pangkalan, sejumlah SPBU hingga outlet modern di Provinsi Jambi.