Gubernur Sumsel pastikan harga pangan terjangkau pada awal Ramadhan

id gubernur sumsel,sumatera selatan,gubernur herman deru,harga pangan,tpid,bank indonesia,stok pangan,ramadhan,berita sumsel, berita palembang, antara su

Gubernur Sumsel pastikan harga  pangan terjangkau pada awal Ramadhan

Gubernur Sumsel Herman Deru memantau harga pangan di pasar tradisional Palembang. ANTARA/HO

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru memastikan harga kebutuhan pokok relatif terjangkau pada awal Ramadhan tahun ini karena dibarengi dengan ketersediaan stok pangan.

"Saya sudah cek di pasar, dan alhamdulillah stok bahan pokok dalam kondisi aman. Yang tak kalah penting harga beras, sayur-mayur dan lainnya tetap terkendali," kata dia.

Dalam pengecekan harga di Pasar KM. 5 dan Pasar Lemabang, Senin (12/4/2021), harga sayur mayur mengalami penurunan, begitu juga dengan beras jenis premium.

Kenaikan terjadi pada harga daging yakni dari Rp120.000 menjadi Rp130.000 per kg, yang dinilai masih wajar karena awal Ramadhan banyak warga yang melaksanakan hajatan untuk menyambut bulan suci tersebut.

Begitu juga dengan harga ayam potong yang mengalami kenaikan dari Rp35.000 menjadi Rp40.000 per Kg.

Sementara itu, Tim Pengendali Inflasi Daerah Provinsi Sumatera Selatan mengantisipasi lonjakan permintaan kebutuhan pokok menjelang Ramadhan dan Lebaran.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan Hari Widodo mengatakan lonjakan permintaan diperkirakan tetap terjadi meski secara volume tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya.

Kondisi ini karena masih berlangsungnya pandemi COVID-19 dan adanya larangan mudik dari pemerintah.

"Dalam rapat terakhir TPID, kami sudah saling berkoordinasi terutama dengan instansi pemerintah terkait bagaimana memastikan stok pangan ini tersedia," kata Hari.

Ia mengatakan BI selaku Ketua TPID mengingatkan hal itu lantaran Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) dipastikan akan berdampak pada kenaikan permintaan.

Walau saat ini Sumsel sedang diliputi inflasi, BI berharap harga kebutuhan pokok tetap terjangkau di masyarakat.

Berdasarkan laporan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Sumsel diketahui sudah dilakukan langkah-langkah antisipasi untuk memastikan saat Ramadhan dan Lebaran tidak terjadi lonjakan harga.

"Selain itu, pemerintah juga menyatakan siap untuk operasi pasar dan menggelar pasar murah jika memang dibutuhkan," kata dia.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar