Polda Sumsel gelar operasi keselamatan tertibkan 10 pelanggaran

id opersi keselamatan lalu linats, ditlantas polda susel gelar ioperasi keselamatan lalu linats , pelanggaran lalu lintas, tertibkan pelanggaran lalu lin

Polda Sumsel gelar operasi keselamatan tertibkan 10 pelanggaran

Kapolda Sumsel, Irjen Pol.Eko Indra Heri S memeriksa pasukan yang terlibat dalam operasi keselamatan musi 2021 di Palembang, Senin (12/4). (ANTARA/Yudi Abdullah/21)

Palembang (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas Polda Sumatera Selatan menggelar Operasi Keselamatan Musi 2021 untuk menertibkan 10 pelanggaran lalu lintas yang dapat mengakibatkan kecelakaan dan mengganggu kelancaran arus lalu lintas.

Operasi keselamatan yang dijadwalkan berlangsung selama 14 hari itu diawali dengan apel gelar pasukan yang dipimpin Kapolda Sumsel Irjen Pol.Eko Indra Heri S di Palembang, Senin.

Kapolda Sumsel pada kesempatan itu mengatakan sasaran operasi keselamatan kali ini menitik beratkan pada 10 prioritas pelanggaran yang dianggap berpotensi mengakibatkan kecelakaan yakni tidak menggunakan helm SNI, tidak menggunakan sabuk keselamatan, pengendara di bawah umur, pengendara tidak memiliki SIM.

Kemudian berkendara sambil menggunakan gawai, berkendara melebihi batas kecepatan, berkendara melawan arus, berkendara dalam pengaruh alkohol, kendaraan tanpa TNKB yang sah dan pelanggaran Odol (Over Dimention-Over Load).

Selain itu yang menjadi target lainnya adalah terkait permasalahan Pendemi COVID-19, diupayakan pencegahan penyebarannya dengan mendukung upaya pemerintah salah satunya larangan mudik lebaran kepada seluruh pihak kecuali pergerakan angkutan barang dan keperluan dinas mendesak.

Dia menjelaskan, untuk mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) serta menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan, selama 14 hari ke depan Ditlantas dan jajaran di 17 kabupaten/kota berupaya fokus melakukan penertiban 10 pelanggaran tersebut.  

Selain menciptakan kamseltibcarlantas, operasi tersebut digelar untuk membangun budaya tertib berlalu lintas dan meningkatkan kualitas pelayanan publik. 

"Kegiatan ini mengusung tema Melalui Operasi Keselamatan 2021 Kita Wujudkan Kamseltibcarlantas yang Mantap dan Pencegahan Penyebaran COVID-19 dengan meningkatkan disiplin protokol kesehatan serta tidak melaksanakan mudik lebaran Idulfitri 1442 Hijriyah," ujarnya.

Sementara Direktur Lalu Lintas Polda Sumsel, Kombes Pol.Cornelis Hotman Sirait menambahkan menjelang bulan suci Ramadan dan Hari Raya Idulfitri 1442 H, pihaknya bersama jajaran melaksanakan kegiatan operasi keselamatan edukasi tertib lalu lintas.

Dalam kegiatan edukasi, pihaknya memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang berbagai pelanggaran yang bisa menyebabkan kecelakaan dan gangguan kelancaran arus lalu lintas.

Kemudian mengenai larangan mudik lebaran perlu juga dijelaskan kepada masyarakat sebagai tindakan antisipasi penyebaran COVID-19.

untuk mendukung kebijakan pemerintah terkait larangan mudik lebaran, pihaknya membuat pos di tempat-tempat perlintas utama seperti pintu tol dan pintu masuk lainnya, ujar dirlantas.