Dinas Pertanian salurkan bantuan 1,5 ton bibit bawang merah

id Bantuan bibit bawang merah, bibit cabai, kelompok tani Sosoh Buay Rayap, sentra produksi bawang, Dinas Pertanian OKU

Dinas Pertanian salurkan bantuan 1,5 ton bibit bawang merah

Arsip - petani panen bawang merah. (ANTARA/HO/21)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Pertanian Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan pada tahun ini akan menyalurkan bantuan sebanyak 1,5 ton bibit bawang merah kepada dua kelompok tani yang ada di Kecamatan Sosoh Buay Rayap.

Kepala Dinas Pertanian Ogan Komering Ulu (OKU), Joni Saihu didampingi Staf Bidang Hortikultura, Zulyadi Takas di Baturaja, Senin menuturkan, 1,5 ton bibit bawang merah ini akan ditanam di atas lahan seluas 2 hektare yang ada di kecamatan tersebut.

Selain bawang merah, kelompok tani juga pada tahun ini akan mendapat bantuan 500 kilogram bibit cabai untuk ditanam di lahan seluas 1,5 hektare.

Bantuan ini diberikan untuk membantu meningkatkan perekonomian petani di wilayah Kecamatan Sosoh Buay Rayap sebagai daerah sentra produksi bawang merah.

Berdasarkan data Dinas Pertanian Kabupaten OKU, Kecamatan Sosoh Buay Rayap merupakan daerah sentra produksi bawang merah dengan hasil panen yang cukup memuaskan.

Meskipun lahan tidak terlalu luas, kata dia, namun hasil panen bawang yang diperoleh Kelompok Tani Makmur di Desa Tungku Jaya, Kecamatan Sosoh Buay Rayap saat masa panen tahun sebelumnya mencapai 12 ton/hektare.

"Itu artinya Kabupaten OKU sangat potensial bagi budidaya tanaman umur pendek ini," ungkapnya.

Oleh sebab itu, budidaya tanaman bawang merah ini kedepannya akan diperluas hingga ke kecamatan lainnya guna meningkatkan kesejahteraan petani di Kabupaten OKU.

"Kami juga terus memberikan pembinaan bagi petani tentang cara bercocok tanam yang baik dan benar agar hasil panennya nanti memuaskan," ujarnya.