ACT Sumsel ajak masyarakat tingkatkan sedekah saat Ramadhan

id act sumsel, ramadhan 2021, ramadhan 1442 h, idul fitri 1442 h,gspr act sumsel,gshr act,donasi act

ACT Sumsel ajak masyarakat tingkatkan sedekah saat Ramadhan

Branch Manager ACT Palembang Diwadia. ANTARA/Aziz Munajar

Palembang (ANTARA) - Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap Provinsi Sumatera Selatan mengajak masyarakat meningkatkan amalan sedekah pangan saat Ramadhan dan Idul Fitri 1442 Hijriah untuk meringankan kalangan prasejahtera di tengah pandemi.

Branch Manager ACT Palembang Diwadia di Palembang Jumat mengatakan masih merebaknya kasus COVID-19 pada tahun ini dan belum pulihnya perekonomian secara penuh membuat masyarakat masih kesulitan memenuhi kebutuhan pangan.

"Sedekah memberikan manfaat besar untuk masyarakat luas, khususnya selama Ramadhan," ujarnya.

Pihaknya sendiri menginisiasi gerakan sedekah pangan Ramadhan (GSPR) dalam memperluas program-program pangan ACT dan Global Wakaf yang ditujukan untuk menciptakan ketahanan serta kedaulatan pangan dalam kondisi yang masih terbatas.

Salah satunya dengan menyerap beras dari para petani di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur untuk dijadikan beras wakaf yang dibagikan selama Ramadhan dan Idul Fitri.

Selain pemenuhan pangan dalam negeri, donasi gerakan itu juga disalurkan ACT ke negara-negara yang tengah dilanda krisis dan konflik kemanusiaan.

ACT juga mengajak masyarakat mengisi momen bulan puasa dengan gerakan sedekah harian Ramadhan (GSHR) minimal Rp10.000 per hari untuk disalurkan ke kalangan masyarakat prasejahtera di wilayah-wilayah pelosok.

Terutama ke kelompok masyarakat yang saat ini sedang dilanda bencana alam, kata dia.

"Kami juga siap menjadi wadah bagi masyarakat yang ingin berkolaborasi memberikan sumbangsih kedermawanannya," jelas Diwadia.