Kasus COVID-19 di Bangka Barat bertambah menjadi 523 orang

id cagah covid,ingat pesan ibu,vaksin untuk kita,Kasus COVID-19 di Bangka Barat,Kasus COVID-19 di Bangka Barat bertambah

Kasus COVID-19 di Bangka Barat bertambah menjadi 523 orang

Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabuaten Bangka Barat M. Putra Kusuma. (ANTARA/ Donatus Dasapurna)

Mentok, Babel (ANTARA) - Jumlah kasus warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selama pandemi COVID-19 hingga hari Kamis ini bertambah 30 orang menjadi 523 orang.

"Hari ini terjadi penambahan cukup banyak, yaitu 30 orang yang berasal dari empat kecamatan. Kami berharap masyarakat semakin disiplin menjalankan aturan kesehatan untuk bersama-sama mengendalikan penyebaran virus corona baru," kata Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Pengendalian COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, M. Putra Kusuma di Mentok, Kamis.

Ia menjelaskan, sebanyak 30 kasus yang terjadi pada hari ini berasal dari Kecamatan Jebus sebanyak 15 orang, Kelapa dua orang, Parittiga tujuh orang dan dari Kecamatan Tempilang enam orang.

Putra mengatakan penambahan kasus baru itu berasal dari pengembangan kontak erat kasus sebelumnya yang sudah dilakukan pemeriksaan rapid antigen dengan hasil positif.

"Sebagian sampel pemeriksaan dalam kasus itu juga sudah melalui uji Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi Babel dengan hasil pemeriksaan positif COVID-19," katanya.

Untuk menindaklanjuti tingginya kasus yang dirilis hari ini, para petugas kesehatan di Puskesmas sudah melakukan penelusuran dan pemeriksaan kepada warga yang memiliki kontak erat dengan pasien tersebut.

"Penelusuran kontak ini penting dilakukan untuk menentukan langkah selanjutnya, kami berharap warga semakin disiplin menjalankan protokol kesehatan dan peningkatan kasus yang signifikan hari ini menunjukkan pandemi COVID-19 belum berakhir," katanya.

Dengan adanya tambahan 30 kasus baru tersebut, saat ini jumlah pasien yang masih menjalani isolasi menjadi 85 orang, baik yang dirawat di rumah sakit, isolasi di Wisma Karantina Pemkab Bangka Barat maupun pasien yang menjalani isolasi mandiri.