Banjir bandang landa Kabupaten Pesisir Barat Lampung

id banjir pesisir barat,banjir lampung,bencana banjir,banjir bandang

Banjir bandang landa Kabupaten Pesisir Barat Lampung

Banjir melanda Pekon Sukarame di Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung, Jumat malam (2/4/2021. (ANTARA/HO-BPBD Pesisir Barat)

Bandarlampung (ANTARA) - Banjir bandang melanda Pekon Sukarame di Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung, pada Jumat (2/4) malam, kata pejabat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

Sekretaris BPBD Kabupaten Pesisir Barat Mirza Sahri saat dihubungi dari Bandarlampung, Sabtu, mengatakan, pekon atau desa tersebut kebanjiran luapan air dari hulu Sungai Way Tenumbang yang ada di daerah Liwa, Kabupaten Lampung Barat.

"Hujan sebenarnya tidak begitu deras namun banjir tiba-tiba datang dengan ketinggian hingga 80 centimeter. Namun memang daerah Krui dan sekitarnya ini lebih rendah sehingga air dari dataran tinggi sering turun ke daerah ini," katanya.

Menurut dia, bencana banjir bandang di Pekon Sukarame tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

"Laporan sementara untuk korban jiwa tidak ada. Sedangkan kerugian material sementara ini ada hasil panen padi yang tergenang air, hewan ternak berupa kambing 10 ekor dan sapi satu ekor juga terbawa arus banjir," katanya.

Menurut dia, saat ini banjir sudah surut dan warga desa mulai membersihkan sisa banjir.

"Untuk kendaraan roda dua dan empat saat ini sudah bisa melintas karena ketinggian air sudah turun, dan kita terus upayakan membantu masyarakat membersihkan material banjir," katanya.

Dia mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi banjir pada saat hujan deras turun.

"Aliran sungai cukup deras dan pinggir sungai banyak yang tergerus, masyarakat diharapkan dapat terus waspada, bila memungkinkan akan lebih baik menghuni hunian yang agak lebih menjauhi bibir sungai sebab sangat membahayakan bila terjadi luapan air," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar