Gunung Sinabung erupsi luncurkan awan panas 500 meter

id berita sumut, gunung sinabung erupsi ,berita medan terkini,kabupaten karo,sumut,BPBD Karo

Gunung Sinabung erupsi luncurkan awan panas  500 meter

Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, erupsi ditandai dengan luncuran guguran awan panas. (FOTO ANTARA/HO-dok)

Medan (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Karo, Sumatera Utara, menyatakan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara erupsi pada Kamis pukul 13.41 WIB ditandai dengan luncuran guguran awan panas teramati dengan jarak 500 meter di atas puncak.

"Sementara kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan timur," kata Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, Natanail Perangin-angin saat dihubungi dari Medan, Kamis.

Ia menjelaskan erupsi Gunung Sinabung dengan tinggi 2.960 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 88 mm dan durasi lebih kurang 43 detik.

Saat ini Gunung Sinabung berada pada status Level III (Siaga) dengan rekomendasi warga dan petani agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang warganya sudah dipindahkan serta di lokasi dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung.

Selain itu, radius sektoralnya pada lima kilometer untuk sektor selatan-timur dan empat kilometer untuk sektor timur-utara.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker saat keluar rumah untuk mengurangi dampaknya terhadap kesehatan warga, demikian Natanail Perangin-angin.