Kemenkes gandeng Grab dan Good Doctor hadirkan pusat vaksin di Palembang

id grab,vaksin,pusat vaksin palembang

Kemenkes gandeng Grab dan Good Doctor hadirkan pusat vaksin di Palembang

Acara apresiasi kolaborasi vaksinasi ini turut dihadiri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru dan jajaran Forkopimda Sumatera Selatan serta Wali Kota Palembang Harnojoyodan jajaran Forkopimda Kota Palembang, Rabu (31/3). (ANTARA/HO/21)

Palembang (ANTARA) - Kementerian Kesehatan menggandeng Grab dan Good Doctor untuk menghadirkan pusat vaksin di Palembang “Grab Fatigon Vaccine Center”.

Pusat vaksin ini menggunakan pendekatan teknologi untuk pelaksanaan proses vaksinasi yang efisien. Dalam tiga hari pelaksanaannya, pusat vaksin ini akan melakukan vaksinasi kepada 4.600 masyarakat Palembang yang terdiri dari lansia dan pekerja publik sektor transportasi dan pariwisata

Grab mendorong para mitra pengemudi dan mitra pengantaran untuk berpartisipasi mendukung Program Vaksinasi Nasional dengan mengundang anggota keluarga yang masuk kategori lansia untuk mendapatkan vaksin seiring dengan percepatan program vaksinasi.

Ini dilakukan di Palembang setelah sukses menjalankan pusat vaksinasi dengan pendekatan teknologi 3-in-1 di Bali, Banten, Bandung, Solo dan Pekanbaru.

Berlokasi di Jakabaring Sport City, Grab Fatigon Vaccine Center beroperasi pada 29 sampai 31 Maret 2021 untuk gelombang pertama vaksinasi.

Untuk pelaksanaan vaksinasi yang lebih efisien dan aman, pusat vaksin Palembang menggunakan pendekatan yang mengedepankan teknologi mulai dari proses pra-registrasi, jadwal vaksinasi, pra-skrining serta penerapan pendaftaran melalui QR Code melalui layanan GrabHealth yang didukung oleh infrastruktur digital Good Doctor yang bekerja sama dengan pemerintah.

Acara apresiasi kolaborasi vaksinasi ini turut dihadiri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru dan jajaran Forkopimda Sumatera Selatan serta Wali Kota Palembang Harnojoyodan jajaran Forkopimda Kota Palembang, Rabu (31/3).

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan percepatan vaksinasi merupakan salah satu kunci dalam mengendalikan laju penyebaran COVID-19 dan untuk tercapainya kekebalan kelompok (herd immunity).

Daerah-daerah harus menerapkan aspek prioritas dalam pelaksanaan vaksinasi terutama terhadap mereka yang rentan terpapar virus seperti lansia dan tenaga kesehatan dan juga yang memiliki interaksi yang tinggi seperti pengemudi kendaraan umum.

“Kami sangat mengapresiasi Grab dan Good Doctor yang melakukan terobosan dengan bersinergi antara sektor swasta dan pemerintah dalam pendistribusian vaksin COVID-19 di Tanah Air,” kata Tito.