Pemkab OKI peningkatan kompetensi tenaga kerja lokal

id oki,ogan komering ilir,kabupaten oki,bupati oki,tenaga kerja lokal,berita sumsel, berita palembang, antara palembang

Pemkab OKI peningkatan kompetensi tenaga kerja lokal

Bupati Kabupaten OKI Iskandar (kedua dari kiri) mendatangi warga Desa Terusan Laut Kecamatan Sirah Pulau (SP) Padang. (ANTARA/HO/21)

Kayuagung, Sumsel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, mendorong peningkatan kompetensi tenaga kerja lokal dengan memberikan pelatihan keahlian ke warga berusia produktif.

Bupati OKI Iskandar di Kayuagung mengatakan pemkab telah memberikan beberapa kali pelatihan seperti kepada 64 orang pada 16 September 2020—23 Oktober 2020.

“Puluhan peserta tersebut mengikuti kegiatan di gedung workshop Balai Latihan Kerja (BLK) OKI,” kata dia.

Peserta dibagi menjadi tiga kategori program dalam pelatihan tersebut, yakni operator komputer (16 orang), menjahit pakaian dengan mesin (32 orang) serta pelatihan tata kecantikan rambut (16 orang).

“Program serupa akan terus kami lakukan agar menghasilkan tenaga kerja lokal yang profesional dan berdedikasi atau usaha mandiri,” kata Imlan.

Di tengah pandemi COVID-19 ini, Pemkab OKI tetap menjalankan program kerja peningkatan kualitas SDM.
Walau prioritas penggunaan APBD diprioritaskan pada pembangunan infrastruktur dan pemulihan ekonomi, pemkab tetap mengalokasikan dana untuk peningkatan kualitas SDM ini.

“Pada 2021 ini, kami pun mengagendakan menggelar pelatihan keahlian,” kata dia.

Ke depan ia mengharapkan mendapatkan dukungan dari pihak lain, terutama dari kalangan swasta untuk menyalurkan dana CSR di bidang peningkatan kualitas SDM lokal ini.