279 calon jamaah haji OKU segera divaksin

id Vaksin Calon Jemaah Haji, CJH asal OKU, 279 CJH, Arab Saudi, Kemenag OKU

279 calon jamaah haji OKU  segera divaksin

Arsip - Petugas menyiapkan vaksin untuk Calon Jemaah Haji . (ANTARA/Feny Selly/Ang)

Baturaja (ANTARA) - Sebanyak 279 calon jamaah haji asal Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan segera disuntik vaksin Sinovac sebelum diberangkatkan ke tanah suci Mekkah agar terhindar dari penyebaran virus corona saat menjalankan ibadah haji.

Kepala Kantor Kementerian Agama Ogan Komering Ulu (OKU), Ishak Putih melalui Kasi Haji dan Umrah, Abdul Muis di Baturaja, Jumat menyampaikan vaksinasi untuk CJH akan dilaksanakan secara bertahap di puskesmas di wilayah kecamatan masing-masing.

Untuk tahap awal proses vaksinasi CJH asal Kabupaten OKU ini akan dilaksanakan di Puskemas Tanjung Agung, Kecamatan Baturaja Barat pada Selasa (23/3), untuk kecamatan lain menyusul setelah ada informasi dari Dinas Kesehatan OKU, ujarnya.

Dari  279 CJH ini merupakan jamaah asal Kabupaten OKU yang akan diberangkatkan ke tanah suci Mekah pada akhir Juni atau awal Juli 2021.
 
Pemberian vaksin Sinovac ini bertujuan untuk memberikan rasa aman bagi jemaah dari penyebaran virus Corona baik dalam perjalanan haji maupun saat berada di Arab Saudi.

"Mudah-mudahan kalau tidak ada kendala 279 CJH yang sudah melunasi biaya perjalanan haji ini akan berangkat pada akhir Juni atau awal Juli 2021," ucapnya.

Hanya saja, Muis mengaku belum dapat memastikan apakah ada penambahan biaya transportasi ke tanah suci yang naik di masa pandemi COVID-19.

"Karena kalau biasanya pesawat isinya empat ratus orang, sekarang hanya setengahnya saja namun tetap menghitung full. Secara otomatis biaya itu dibebankan kepada jamaah," ujar dia.