Polres OKU bentuk kampung tangguh tangkal COVID-19

id Kampung Tangguh Musi, pulihkan ekonomi masyarakat, dampak pandemi, Polsek Baturaja Barat, 12 desa dan kelurahan

Polres OKU  bentuk kampung tangguh tangkal COVID-19

Ilustrasi kampung tangguh (ANTARA/HO/21)

Baturaja (ANTARA) - Jajaran Polres Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan melalui Polsek Baturaja Barat membentuk Kampung Tangguh Musi untuk menangkal penyebaran COVID-19 sekaligus mendongkrak perekonomian masyarakat di wilayah itu.

"Kampung Tangguh Musi ini dibentuk di setiap desa dan kelurahan yang ada di Kecamatan Baturaja Barat," kata Kapolsek Baturaja Barat, AKP Ujang Abdul Azis di Baturaja, Senin.

Kampung Tangguh Musi ini dibentuk sebagai upaya untuk menangkal penyebaran COVID-19 sekaligus memulihkan perekonomian masyarakat yang terdampak pandemi dengan kearifan lokal.

Kampung tangguh ini dibentuk dengan memanfaatkan lahan tidur di sekitar permukiman warga untuk ditanam berbagai jenis tanaman sebagai sumber penghasilan masyarakat.

Masyarakat setempat dibina menanam berbagai jenis tanaman seperti ubi dan sayur mayur guna mendongkrak perekonomian masyarakat dari hasil panen tanaman tersebut.

"Masyarakat dibina untuk berinisiatif mengatasi masalah secara mandiri dalam menghadapi pandemi yang disebabkan virus Corona," kata dia.

Kemandirian itu mulai dari penyediaan ruang isolasi, posko kesehatan, lumbung pangan, penyediaan APD untuk evakuasi pasien hingga kesiapan petugas pemulasaran.

Melalui Kampung Tangguh Musi ini, ia berharap dapat memulihkan perekonomian masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 dengan memiliki sumber penghasilan baru melalui hasil panen tanaman yang ditanam tersebut.

Dia menambahkan, selain Kampung Tangguh Musi, saat ini 12 desa dan kelurahan di wilayahnya juga sudah terbentuk posko penanganan guna memutus rantai penyebaran COVID-19.

Posko penanganan COVID-19 di tingkat desa dan kelurahan ini memiliki empat aspek penting, yakni pencegahan, penanganan, pembinaan dan pendukung.

"Aspek pencegahan terdiri atas sosialisasi dan penerapan 3M," ujarnya.