Klopp tegaskan lagi dirinya tak tertarik gantikan Loew

id timnas jerman,joachim loew,juergen klopp,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, info sumsel

Klopp tegaskan lagi dirinya tak tertarik  gantikan Loew

Manajer Liverpool Juergen Klopp saat mendampingi timnya menghadapi Fulham dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Minggu (7/3/2021). (ANTARA/REUTERS/POOL/Clive Brunskill)

Jakarta (ANTARA) - Manajer Liverpool Juergen Klopp menegaskan kembali dirinya tidak tertarik untuk menggantikan Joachim Loew sebagai pelatih kepala tim nasional Jerman.

Federasi Sepak Bola Jerman, DFB, pada Selasa mengkonfirmasi Loew akan meninggalkan jabatan pelatih kepala selepas mendampingi Der Panzer dalam putaran final EURO 2020 yang dijadwalkan berlangsung musim panas ini dan nama Klopp disebut-sebut berbagai media sebagai salah satu kandidat pengganti.

"Apakah saya akan tersedia untuk ditawari pekerjaan timnas Jerman pada musim panas nanti? Tidak. Setelah musim panas, tidak," kata Klopp dikutip dari laman resmi Liverpool, Selasa malam.

Klopp memuji pencapaian Loew yang sudah menangani Jerman sejak 2006 dan menjuarai Piala Dunia 2014 setelah menjadi runner-up EURO 2008, tetapi memahami jika pelatih berusia 61 tahun itu ingin menanggalkan jabatannya selepas EURO 2020.

Seturut pernyataan DFB, Loew secara pribadi mengajukan pengunduran diri selepas EURO 2020, kendati kontraknya masih berlaku hingga setidaknya 2022.

"Joachim Loew bertahun-tahun melakukan pekerjaan luar biasa, saya rasa dia salah satu pelatih Jerman terlama dan salah satu yang tersukses," ujar Klopp.

"Ia sudah melakukan pekerjaan hebat dan saya paham jika dia ingin mendapat sorotan terakhir, di EURO dengan berusaha mengerahkan segalanya di turnamen ini lantas orang lain meneruskan pekerjaannya."

"Saya cukup yakin dengan banyaknya jumlah pelatih Jerman yang bagus, DFB akan menemukan solusi bagus," katanya melengkapi.

Medio November 2020, Klopp juga sempat menyatakan dirinya tidak tertarik untuk menggantikan Loew di timnas Jerman.

Klopp mengaku sudah dikontak dan ditawari pekerjaan menangani timnas Jerman tetapi mengaku tidak pernah tertarik dengan kesempatan itu.

"Ya saya sudah ditawari. Saya tidak mengatakan ini karena Joachim Loew menyatakan akan mundur. Saya tidak mengatakan ini secara proaktif, saya cuma bilang apa yang akan saya katakan ketika mereka menyebut nama saya," ujarnya.

"Saya sudah mengatakan tidak, sekarang, setelah musim panas, atau kapan pun itu, saya tidak tersedia untuk pekerjaan di timnas Jerman," kata Klopp.

Lagipula, Klopp mengingatkan dirinya masih punya kontrak setidaknya hingga 2024 di Liverpool dan sebagaimana yang sudah ia lakukan ketika menangani Mainz, dirinya akan menghormati kontrak itu tanpa peduli tawaran disertai iming-iming dana besar.

"Setelah musim panas nanti, saya masih memiliki kontrak tiga tahun di Liverpool. Ini pernyataan sederhana untuk situasi yang sederhana: Anda menandatangani kontrak dan sewajarnya Anda menaatinya, bukan?" kata Klopp.

"Di Mainz saya juga menaati kontrak, kendati ada tawaran dari klub-klub Bundesliga lain yang punya dana lebih besar. Saya rasa semuanya soal momen dan uang, jika tidak berjalan Anda tak perlu menyesalinya, dan bagi saya tidak ada masalah soal itu," pungkasnya.