Sumsel dorong dinas sosial bina anak terlantar

id pemprov susmel tingkatkan pembinaan anak terlanyar, anak terlantar perlu pembinaan,dinsos susmel tingkatkan pembinaanana

Sumsel  dorong dinas sosial bina anak terlantar

Wagub Sumsel, Mawardi Yahya. ANTARA/Yudi Abdullah

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan berupaya mendorong Dinas Sosial meningkatkan kegiatan pembinaan terhadap anak telantar atau anak-anak yang memiliki masalah sosial dengan mengajak sukarelawan dari yayasan sosial yang peduli terhadap mereka.

"Pembinaan terhadap anak yang memiliki masalah sosial yang selama ini dilakukan di panti sosial milik Dinas Sosial juga melibatkan sukarelawan dari yayasan sosial yang memiliki kepedulian terhadap anak-anak itu," kata Wagub Sumsel, Mawardi Yahya, di Palembang, Rabu.

Menurut dia, peningkatan pembinaan terhadap anak yang memiliki masalah sosial perlu dilakukan untuk mencegah timbulnya permasalahan sosial di lingkungan masyarakat.

Jika anak-anak yang telantar tidak mendapat perhatian dan pembinaan, menurut Wagub, keberadaannya di tengah-tengah masyarakat akan menimbulkan masalah sosial bahkan lebih dari itu seperti melakukan tindak kriminal yang dapat meresahkan masyarakat.

Untuk mencegah timbulnya masalah tersebut, dalam proses pembinaan, pihaknya berupaya memberikan pelatihan keterampilan tertentu sesuai minat dan bakat anak-anak bermasalah itu serta diberikan bantuan modal usaha, kata Mawardi.

Menurut dia, anak telantar sebagai generasi penerus bangsa tidak boleh dibiarkan tumbuh tanpa pembinaan yang baik, oleh karena itu Dinas Sosial Sumsel berupaya mengajak pihak lain untuk bersama-sama melakukan kegiatan pembinaan itu.

Melalui pembinaan tersebut diharapkan anak-anak yang memiliki masalah sosial bisa dikembalikan ke tengah-tengah masyarakat dan bermanfaat bagi lingkungannya, ujar Wagub.