Dinas Sosial Sumsel siagakan tagana dan bantuan tanggap darurat

id dinsos sosial, bantuan tanggap darurat antisipasi bencan,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, info sumsel

Dinas Sosial Sumsel siagakan tagana  dan bantuan tanggap darurat

Bantuan bencana (ANTARA/Yudi Abdullah/21)

Palembang (ANTARA) - Dinas Sosial Sumatera Selatan menyiagakan taruna siaga bencana (Tagana) dan bantuan tanggap darurat menghadapi bencana yang mungkin terjadi pada puncak musim hujan Februari 2021 ini.

"Melalui Tagana tersebut jika sewaktu-waktu terjadi bencana banjir dan tanah longsor, bisa dengan cepat membantu masyarakat sehingga dapat dihindari timbulnya permasalahan sosial," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Sumsel Mirwansyah di Palembang, Selasa.

Menurut dia, pihaknya sekarang ini menyiagakan 1.000 Tagana untuk memberikan bantuan penyelamatan dan penyaluran bahan makanan, obat-obatan, serta bantuan tanggap darurat lainnya.

Selain itu pihaknya juga berupaya menyiapkan stok bantuan tanggap darurat berupa beras, obat-obatan, bahan makanan lainnya serta peralatan yang biasa dibutuhkan masyarakat korban bencana, katanya.

Dia menjelaskan, kesiapsiagaan itu dilakukan sebagai tindakan antisipasi karena wilayah provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota ini cukup rawan terjadinya bencana banjir dan tanah longsor.

Beberapa daerah yang cukup rawan terjadi bencana banjir dan tanah longsor seperti Kota Palembang, Pagaralam, Kabupaten Ogan Ilir, Musirawas, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, dan Kabupaten Empat Lawang.

Dengan peningkatan kesiapsiagaan, diharapkan sukarelawan tagana dapat memberikan bantuan secara cepat dan tepat kepada masyarakat jika pada suatu daerah terjadi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor atau dampak negatif musim hujan lainnya.

Melalui berbagai upaya tersebut, diharapkan jika terjadi bencana selama musim hujan ini, diharapkan dapat ditanggulangi dengan cepat dan tepat, ujarnya.