Museum Balaputra Dewa siapkan ruang pamer temuan di Sungai Musi

id ruang pamer temuan sungai musi, benda temuan di sungai musi,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, info sumsel

Museum Balaputra Dewa siapkan  ruang  pamer temuan di Sungai Musi

Kepala Museum Negeri Balaputra Dewa Palembang, Chandra Amprayadi (tengah) menunjukkan mangkuk zaman Dinasti Ming yang ditemukan masyarakat di Sungai Musi. (ANTARA/Yudi Abdullah/21)

Palembang (ANTARA) - Pengelola Museum Negeri Balaputra Dewa Palembang, Sumatera Selatan menyiapkan ruang pamer khusus benda berharga dan pusaka peninggalan sejarah yang ditemukan masyarakat di dasar Sungai Musi.

"Akhir-akhir ini banyak masyarakat yang menghibahkan benda berharga dan pusaka peninggalan sejarah untuk disimpan, pelihara, dan dipamerkan di museum, kondisi ini mendorong kami untuk membuat ruangan khusus temuan di Sungai Musi," kata Kepala Museum Negeri Balaputra Dewa Palembang Chandra Amprayadi di Palembang, Selasa.

Dia menjelaskan di dasar Sungai Musi masyarakat sering menemukan berbagai bentuk benda berharga terbuat dari emas, perak, dan perunggu.

Temuan itu, antara lain berupa piring, mangkuk, sendok , guci terbuat dari bahan tanah, keramik atau porselen, kemudi kapal dari kayu ulin, arca, prasasti, koin uang serta benda berharga dan pusaka lainnya yang diperkirakan peninggalan zaman prasejarah, Kerajaan Sriwijaya, Kesultanan Palembang, hingga zaman kolonialisme Belanda.

Benda berharga dan pusaka peninggalan sejarah temuan di Sungai Musi itu akan lebih menarik jika disimpan dan dipamerkan di satu ruangan khusus.

Untuk menyiapkan ruang pamer khusus benda yang ditemukan di Sungai Musi itu, pihaknya berupaya memanfaatkan ruangan yang ada atau membangun gedung khusus.

Tim museum sedang melakukan berbagai persiapan untuk membuat ruang pamer khusus tersebut, jika tidak ada hambatan bisa direalisasikan pada Tahun Anggaran 2021.