Gubernur Sumsel dukung pengembangan pariwisata Lubuklinggau

id wisata,wisata sumsel,wisata lubuklinggau,gubernur sumsel,gubernur sumatera selatan,sumatera selatan,bangub

Gubernur Sumsel dukung  pengembangan pariwisata Lubuklinggau

Ilustrasi --- Pembalap sepeda melaju menuruni bukit pada latihan resmi kejuaraan Lubuklinggau Moutain Bike Nasional Championship (NC) & Moutain Bike International Championship (C2) 2017 kategori 'downhill' di trek Bukit Sulap Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Jumat (21/7). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/foc/17)

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mendukung rencana pengembangan pariwisata Kota Lubuklinggau dengan siap mengalokasikan sejumlah dana dari pos bantuan gubernur (bangub) tahun anggaran 2021.

“Sesuai usulan yang diajukan Pemkot Lubuklinggau, kami akan alokasikan dana Bangub agar Kota Lubuklinggau bisa menjadi destinasi wisata unggulan di Sumsel,” kata Herman Deru di Palembang, Senin.

Ia mengatakan pada tahun ini Bangub yang disalurkan akan disesuaikan dengan program usulan dari pemkab/pemkot. Ini berbeda dengan tahun lalu, yang lebih pada program perbaikan infrastruktur.

Walau bersumber dari usulan pemkab/pemkot, Herman Deru menekankan tetap mengedepankan program superprioritas, semisal ada program pembangunan yang mangkrak padahal infrastruktur tersebut sangat dibutuhkan masyarakat.

Menurutnya, Kota Lubuklinggau layak dikembangkan menjadi kota pariwisata karena memiliki keindahan alam yang masih alami.

Hanya saja, pemerintah setempat harus menyiapkan konsep yang matang dengan menetapkan sejak dini apakah menjadi wisata modern, wisata alam atau wisata olahraga (sport tourism).

Melalui dana Bangub ini diharapkan juga akses ekonomi Kota Lubuklinggau yang berbatasan langsung dengan Provinsi Bengkulu ini bisa semakin terbuka.

Wali Kota Lubuklinggau Prana Putra Sohe mengatakan saat ini pemerintahannya sedang menggalakkan gerakan "Ayo Ngelong ke Lubuklinggau" untuk memancing kedatangan wisatawan.

Untuk itu, pemkot sangat mengharapkan kucuran Bangub tersebut untuk pembanguna infrastruktur pengembangan wilayah (15 kegiatan), infrastruktur dasar dan penyehatan lingkungan (28 kegiatan), pengembangan destinasi pariwisata (1 kegiatan) dan pengembangan ruang terbuka publik dan taman olahraga (6 kegiatan).

“Kami tahun ini ingin membangun embung dan sarana olahraga lapangan golf. Dengan pengembangan pariwisata ini ditambah pembukaan akses darat dan udara diharapkan Lubuklinggau menjadi salah satu kota tujuan favorit,” kata dia.

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mendorong realisasi destinasi wisata terpadu di Kota Lubulinggau dengan mengalokasikan sejumlah dana untuk pembuatan danau buatan pada tahun lalu dengan mengucurkan Bangub senilai Rp15 miliar.

 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar