Sean Gelael tutup Asian Le Mans seri Abu Dhabi dengan kemenangan

id Sea gelael, tim jota, asian lemans, formula,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, palembang hari ini

Sean Gelael tutup Asian Le Mans seri  Abu Dhabi dengan kemenangan

Pebalap Indonesia Sean Gelael (tengah) dan pebalap Inggris Tom Blomqvist berada di podium utama usai menjadi juara pada seri empat Asian Le Mans Series (ALMS) 2021 di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Sabtu (20/2/2021). HO/Tim JOTA Sport

Jakarta (ANTARA) - Tim JOTA Sport yang digawangi pebalap Indonesia Sean Gelael dan pebalap Inggris Tom Blomqvist tampil gemilang karena menutup Asian Le Mans Series (ALMS) 2021 seri Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, dengan kemenangan.

Berlaga di Sirkuit Yas Marina, Sabtu malam, dan merupakan seri empat ALMS, tim dukungan Pertamina dan BNI ini menang dramatis karena hanya unggul 0,4 detik di atas pebalap G-Drive #25 Franco Colapinto.

Dengan kemenangan seri empat ini, JOTA Sport tampil dominan di Abu Dhabi setelah satu hari sebelumnya juga menang juga lewat duet Sean Gelael dan Tom Blomqvist.

"Pertarungan dengan Colapinto memang sengit, karena dia sangat cepat. Tapi kondisi saya yang lebih baik dibanding kemarin karena balapannya dipisah ikut menolong. Saya senang sudah mendapatkan chemistry dengan tim dan ini jadi modal bagus buat WEC (World Endurance Championship)," kata Sean dalam keterangan resminya.

Sean Gelael mengawali balapan seri empat sebagai starter dan durasi yang dia lakukan juga tidak sembarangan karena situasi dan kondisi di atas trek. Dari rencana tampil 1,5 jam terpaksa berubah menjadi dua jam.

Pada saat dua jam pertama itu, Sean Gelael yang start dari posisi enam sempat naik ke posisi pertama. Kehebatan tim JOTA saat pit stop ikut membantu pencapaian itu.

Tom Blomqvist kemudian mengambil alih kendali dan situasi membawanya ke posisi dua. Pebalap Inggris ini punya andil dalam mengejar selisih waktu dari tertinggal 18 detik, bisa menyusul Rui Pinto de Andrade (G-Drive #25) untuk memimpin balapan.

Kemudi kemudian pindah lagi ke Sean Gelael. Pebalap berusia 24 tahun ini sempat unggul 35 detik, lalu hanya 11 detik setelah pit stop terakhir. Di saat itulah Franco Colapinto (G-Drive #25) memburunya hingga memangkas selisih di bawah satu detik.

Terjadilah pertarungan mendebarkan di atas trek antara Sean dengan keterampingan bertahan dan keluar dari traffic yang baik melawan Colapinto yang ganas menyerang. Akhirnya kendaraan tim JOTA yang kemudikan Sean finis 0,4 detik di depan Colapinto.

Sean Gelael bersama Tom Blomqvist dan Stoffel Vandoorne (Belgia) selanjutnya mengusung bendera tim JOTA di ajang FIA WEC di Portimao, Portugal, mulai April 2021.


Klasemen akhir LMP2 :
1. G-Drive #26 - 81poin
2. JOTA #28 - 76 poin
3. G-Drive #25 - 66 poin
4. Phoenix Racing #5 - 57 poin
5. Racing Team India #64 - 42 poin