Gunung Sinabung erupsi luncurkan awan panas guguran sejauh dua km

id Gunung Sinabung,Berita Sumut,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, info sumsel

Gunung Sinabung erupsi luncurkan awan panas guguran  sejauh dua km

Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara kembali erupsi pada Selasa dengan meluncurkan awan panas guguran sejauh 2 kilometer. (ANTARA/HO)

Medan (ANTARA) - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara, kembali erupsi pada Selasa dengan meluncurkan awan panas guguran sejauh dua kilometer.
 
"Guguran awan panas terpantau menuju Timur dan Selatan Gunung Sinabung," kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Sinabung Armen Putra.
 
Selain memuntahkan guguran awan panas, Gunung Sinabung terpantau mengeluarkan asap kawah berwarna putih intensitas sedang dengan tinggi kolom 200 meter. Guguran awan panas ini tercatat dengan amplitudo 120 mm dengan durasi gempa selama 270 detik.
 
"Cuaca cerah dan berawan dan angin bertiup lemah hingga sedang ke arah tenggara dan selatan. Suhu udara 19-26 derajat Celcius," katanya.
 
Saat ini Gunung Sinabung yang ketinggiannya mencapai 2.460 meter di atas permukaan laut (mdpl) berada pada status Level III (Siaga).
 
Warga maupun petani diminta agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi serta di lokasi di dalam radius 3 km dari puncak gunung.
 
Selanjutnya radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.