Forum Kartini Mandiri ajak perempuan di Banyuasin pulihkan ekonomi

id Forum kartinu mandiri banyuasin, pemkab banyuasin, kartini banyuaiin, unkm banyuasin, ekonomi banyuasin

Forum Kartini Mandiri ajak  perempuan di Banyuasin pulihkan ekonomi

Ketua Forum Kartini Mandiri Fitri Askolani menyerahkan bantuan untuk penyandang disabilitas saat peluncuran gerakan forum tersebut di Banyuasin, Jumat (12/2) (ANTARA/Aziz Munajar/21)

Palembang (ANTARA) - Forum Kartini Mandiri yang baru terbentuk di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, mengajak perempuan memaksimalkan peranannya dalam memulihkan sektor ekonomi berbasis kearifan lokal di tengah pandemi COVID-19.

Ketua Forum Kartini Mandiri Fitri Askolani di Banyuasin, Jumat mengatakan saat ini perempuan tidak hanya berperan menjaga keluarga agar tidak terpapar COVID-19, melainkan juga sudah menjadi tumpuan berbagai sektor untuk pulih dari pukulan pandemi COVID-19.

"Lewat Forum Kartini Mandiri kami mendorong perempuan di Banyuasin dapat lebih berkreasi," ujarnya.

Menurut dia anggota Forum Kartini Mandiri yang telah terdata sebanyak 120 orang memiliki peranan untuk melakukan perubahan di tengah-tengah masyarakat, secara sukarela mereka juga menggalang dana untuk menghidupkan kembali ragam kesenian, budaya dan usaha ekonomi masyarakat.

Ragam kegiatan yang dilakukan Forum Kartini Mandiri, antara lain bakti sosial, kompetisi untuk kalangan pelajar, pergelaran budaya dan kesenian hingga pembinaan terhadap UMKM dilaksanakan dengan melibatkan pemerintah setempat.

Ia menyebut sosok RA Kartini menjadi inspirasi dalam menggerakkan forum tersebut dengan mengimplementasikan sikap gotong royong dan kemandirian menumbuhkembangkan kreativitas masyarakat.

"Semangat dan kreatif menjadi kunci pergerakan Forum Kartini Mandiri," kata dia, menambahkan.

Sementara Bupati Banyuasin Askolani mengatakan pihaknya akan bersinergi dengan Forum Kartini Mandiri untuk menjaga dan mengembangkan kearifan lokal di bidang kebudayaan, kesenian dan sosial.

"Juga memberikan wawasan pengembangan ekonomi kreatif masyarakat agar dapat bertumbuh secara merata dengan baik," katanya.

Ia berharap Forum Kartini Mandiri menjadi wadah yang utuh bersama Pemkab Banyuasin yang peduli kepada masyarakat dan berjuang untuk kesejahteraan.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar