Muba bangun jalan dan jembatan menuju daerah perairan

id sekda,sekda muba,musi banyuasin,pemkab muba,pemerintah kabupaten muba

Muba bangun jalan dan jembatan menuju daerah perairan

Sekda Muba di Kecamatan Lalan, Rabu (10/2). (ANTARA/HO/21)

Sekayu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, membangun jalan dan jembatan menuju daerah perairan yang selama ini sulit dijangkau lantaran letaknya jauh dari pusat kota.

Sekretaris Daerah Musi Banyuasin Apriyadi di Sekayu, Kamis, mengatakan, salah satu wilayah yang diprioritaskan yakni Kecamatan Lalan karena letaknya jauh dari pusat kota.

“Bukan hanya jalan dan jembatan saja, kami juga mengupayakan agar Kecamatan Lalan ini juga sepenuhnya dialiri listrik,” kata Apriyadi.

Untuk menstimulus pembangunan di wilayah yang digapai selama 4 jam perjalanan menggunakan kapal cepat dari Kota Palembang ini, Pemkab juga bekerja sama dengan TNI yang memiliki program TMMD atau TNI Manunggal Membangun Desa.

Program TMMD ini akan membantu masyarakat dalam membuat jalan poros, yang mana berdasarkan laporan Dandim 0401 Muba terdapat total anggaran sebesar Rp15 miliar untuk pembangunan jalan sepanjang 27,9 Km dan pembangunan dua unit jembatan komposit dan 4 box culvert.

Ia menjelaskan, selain jalan, jembatan dan listrik, pada 2021 juga akan dilakukan perbaikan tata kelola air saluran untuk meningkatkan produksi pertanian di Kecamatan Lalan.

Kepala Bappeda Muba Iskandar Syahrianto pelaksanaan Musrenbangcam adalah tahapan penting dalam penyusunan RKPD Kabupaten Muba tahun 2021, yang bertujuan membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang bersangkutan.

Selain itu juga membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa.

Iskandar memaparkan kegiatan konstruksi di Kecamatan Lalan pada tahun anggaran 2021 mencakup rehabilitasi sedang/berat ruang kelas SDN Mandala Sari dan SMPN 1 Lalan.

Kemudian, peningkatan jalan diantaranya di Rt12 Dusun 5 Desa Mulya Agung dengan cor beton, peningkatan jalan Dusun IV Desa Tri Mulya dengan cor beton, pembangunan jalan setapak di lorong Pondok Pesantren Roudhatul Munta'alimin Desa Bandar Agung.

Selain itu ada juga pembangunan Stadion Mini Sepak Bola Kecamatan Lalan sehingga secara keseluruhan kegiatan konstruksi termasuk jalan di Kecamatan Lalan dianggarkan senilai Rp44.781.168.000.