Pemkot Palembang bentuk tim gerak cepat antisipasi banjir

id bentum tim gerak cepat, trc atasi banjir , pemkot palembang bentuk tim gerak cepat atasi banjir, penanggulangan ,berita sumsel, berita palembang, anta

Pemkot Palembang bentuk tim gerak  cepat  antisipasi banjir

Arsip- Kondisi genangan air di Kota Palembang setelah diguyur hujan lebat lebih dari satu jam. (ANTARA/Yudi Abdullah)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan membentuk tim gerak cepat untuk mengantisipasi terjadinya bencana hidrometeorologi, terutama banjir atau genangan air pada puncak musim hujan, Februari 2021.

"Tim gerak cepat yang beranggotakan gabungan organisasi perangkat daerah (OPD) diharapkan bergerak dengan cepat membantu masyarakat jika terjadi bencana dampak musim hujan itu," kata Sekda Palembang Ratu Dewa di Palembang, Selasa.

Menurut dia, tim gerak cepat tersebut sewaktu-waktu siap ditugaskan turun ke kawasan permukiman penduduk atau ke lokasi banjir membantu masyarakat dan mengatasi penyebab terjadinya banjir.

Dengan hadirnya tim gerak cepat di tengah-tengah masyarakat yang sedang mengalami banjir, diharapkan dapat meringankan beban penderitaan masyarakat serta mencegah timbulnya korban jiwa dan harta benda dalam jumlah besar.

Dia menjelaskan tingginya intensitas hujan saat ini perlu diwaspadai oleh warga Kota Palembang yang berada di kawasan tergolong rawan banjir.

Menghadapi situasi tersebut, tim gerak cepat diinstruksikan melakukan pengawasan intensif sejumlah kawasan rawan banjir dengan mengecek permukaan air di beberapa saluran air ketika turun hujan lebat untuk menentukan langkah-langkah penanggulangannya.

Pihaknya juga berupaya menggalakkan gotong royong warga kota ini untuk membersihkan saluran air, sungai, dan anak Sungai Musi dari sampah dan benda lainnya.

"Kegiatan gotong royong pejabat dan pegawai pemkot bersama masyarakat yang telah berjalan dengan baik selama ini diupayakan pada 2021 lebih digalakkan lagi," kata dia.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar