Menparekraf dorong pelaku ekonomi kreatif tingkatkan kapasitas produk

id Menparekraf,Ukm, pengusaha indonesiA

Menparekraf dorong pelaku ekonomi kreatif tingkatkan  kapasitas produk

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi galeri produk ekonomi kreatif di Belitung. ANTARA/Kasmono.

Belitung,Babel (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pelaku ekonomi kreatif di Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat meningkatkan kapasitas produk agar mampu bersaing di era digitalisasi.

"Saya mendorong semua pelaku ekonomi kreatif di Indonesia terutama di Belitung dapat meningkatkan kapasitas produk usahanya di era digitalisasi sehingga mampu bersaing secara sehat dengan pelaku usaha lainnya," kata Sandiaga Salahuddin Uno di Belitung, Sabtu.

Menurutnya, kualitas produk usaha dari pelaku ekonomi kreatif akan menunjang perkembangan sektor pariwisata setempat karena dua sektor ini saling berkaitan.

"Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan dua sisi yang saling beriringan, dan untuk bisa bersaing dalam persaingan global, keduanya memerlukan intervensi digitalisasi," jelasnya.

Dikatakan, pihaknya akan menyiapkan ekosistem yang baik sehingga sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bersanding dengan intervensi digitalisasi.

"Intervensi digitalisasi dengan penyiapan ekosistem yang baik akan sangat menentukan keberhasilan dalam membangun kepariwisataan," katanya.

Dikatakan, kunjungan kerjanya ke Belitung juga tidak lepas dari upaya mendorong hal tersebut, agar dapat diterjemahkan dengan baik oleh pelaku wisata dan ekonomi kreatif.

"Saya ke depan Kabupaten Belitung akan menjadi sebuah daerah dimana para pelaku ekonomi kreatif bisa berkembang dengan baik dengan memanfaatkan kearifan lokal yang ada sebagai salah satu penopang utama sektor pariwisata," jelasnya.