Pelanggan PDAM OKU keluhkan gangguan distribusi air bersih

id Pelanggan PDAM mengeluh, distribusi air bersih terganggu, warga mandi di sungai, PDAM OKU, dua mesin rusak, sedang diper,berita sumsel, berita palemba

Pelanggan PDAM OKU keluhkan gangguan  distribusi air bersih

Ilustrasi. Air PDAM (ANTARA/Rinto Aritonang)

Baturaja (ANTARA) - Para pelanggan PDAM di Kelurahan Saung Naga, Kecamatan Baturaja Barat, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mengeluhkan gangguan distribusi air bersih yang terjadi sejak dua hari terakhir.

"Sudah dua hari ini air PDAM mati," kata Mulyadi, salah seorang warga Kelurahan Saung Naga, Ogan Komering Ulu (OKU), Minggu.

Dampak gangguan distribusi ini masyarakat di wilayah itu terpaksa memanfaatkan air sungai untuk kebutuhan sehari-hari.

"Lumayan jauh ke sungai, namun terpaksa ditempuh untuk mandi dan mencuci pakaian," kata dia.

Ia berharap PDAM OKU segera mengatasi gangguan tersebut agar distribusi air bersih pelanggan di wilayah itu kembali lancar.

Direktur PDAM OKU, Abi Kusno didampingi Kabag Teknik, Asril secara terpisah mengatakan, gangguan distribusi ini disebabkan kerusakan mesin.

“Ada dua kerusakan di PDAM induk, ” jelasnya.

Bahkan, gejala kerusakan sudah terjadi sejak Kamis (28/1) di Gate Valve Control diameter 200mm intake-1 dan Impeller Pompa Centeifugal kapasitas 50 L/det pada pompa intake-1.

“Hanya satu pompa yang aktif yang menyebabkan distribusi air tidak merata. Namun, perbaikan saat ini sedang berlangsung dan mudah-mudahan perbaikannya segera rampung," ujarnya.