Sumatera Selatan miliki 3.500 rumah tahfidz

id rumah tahfidz,gubernur sumsel,gubernur sumatera selatan,gubernur herman deru,syiar islam,kabupaten banyuasin

Sumatera Selatan miliki 3.500  rumah tahfidz

Gubernur Sumsel Herman Deru. (ANTARA/HO/21)

Palembang (ANTARA) - Sumatera Selatan memiliki setidaknya 3.500 Rumah Tahfidz yang tersebar secara merata di 17 kabupaten/kota melalui program yang dilakukan pemerintah daerah setempat "Satu Desa, Satu Rumah Tahfidz".

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru di Palembang, Sabtu, mengatakan program yang sudah berjalan sejak dua tahun lalu terbilang sudah merata, karena sebanding dengan jumlah desa dan kelurahan di 17 Kabupaten/kota di Sumsel.

Walau demikian, Pemprov Sumsel terus berupaya melakukan penambahan seperti yang dilakukan di Kabupaten Banyuasin.

Belum lama ini didirikan Rumah Tahfidz Al-Fath di Kompleks Griya Dita Kelurahan Mariana, Kecamatan Banyuasin I.

“Saya ingin keberadaan rumah tahfidz ini menjadi wadah syiar Islam dan yang paling penting karena ini dibangun dari swadaya masyarakat. Buatlah masyarakat percaya untuk menitipkan anak mereka untuk dididik ditempat ini,” kata dia.

Untuk itu, para pengurus rumah tahfidz harus optimal dalam penggunaan metode menghafal Alquran agar santri bisa menghafal dengan cepat.

Pembina Majelis Al-Fath Majelis Nurul Jannah, Ustadz Muhammad Fatham Mubina mengatakan rumah Tahfidz Al-Fath yang dibangun tersebut merupakan hasil swadaya dan bantuan para donatur serta masyarakat sekitar.

"Alhamdulillah, dalam kurun waktu 10 bulan rumah tahfidz ini dibentuk sudah ada santri kita yang hafal Qur’an antara 1 hingga 4 juz,” kata dia.