JMSI Sumatera Selatan dikukuhkan, gubernur minta bendung berita hoaks

id jaringan media siber indonesia,jmsi sumsel,pers,pers sumsel,gubernur sumsel,gubernur herman deru

JMSI Sumatera Selatan dikukuhkan, gubernur minta bendung berita hoaks

Gubernur Sumsel Herman Deru menyaksikan pengukuhan pengurus JMSI Sumsel di Griya Agung, Palembang, Sabtu (30/1). (ANTARA/HO/21)

Palembang (ANTARA) - Gubernur Provinsi Sumatera Selatan Herman Deru menyambut baik kehadiran pengurus Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) di daerahnya yang beranggotakan sejumlah perusahaan pers.

Keberadaan JMSI diharapkannya dapat memberikan edukasi bagi para pemilik perusahaan pers di Sumsel, sehingga tercipta pers yang menjadi sumber informasi terpercaya bagi masyarakat.

"JMSI harus mempu menyajikan pemberitaan yang dapat membangun kepecayaan masyarakat," kata dia saat menyampaikan arahan pada pengukuhan pengurus Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Sumsel di Griya Agung Palembang, Sabtu.

Ia meminta JMSI Sumsel yang telah dikukuhkan dapat  memberikan pembelajaran bagi kalangan jurnalis agar mampu menyajikan  pemberitaan yang berimbang. Sehingga hasilnya dapat dipertanggungjawabkan, serta jauh dari indikasi pemberitaan hoaks.

"Selamat kepada pengurus JMSI Sumsel yang telah dikukuhkan. Segera buat  program kerja yang bisa membawa perubahan ke arah lebih baik," kata dia.

Lebih lanjut Herman Deru juga meminta JMSI berperan aktif dalam mendorong majunya pembangunan  berbagai bidang di Sumsel dengan menjadi mitra pemerintah. Utamanya di tengah pandemi saat ini masyarakat membutuhkan edukasi dan sosialisasi dari sumber yang benar. Salah satunya terkait dengan sosialisasi protokol kesehatan.

"Pemerintah tentu  senang jika ada yang kontrol. Karena itu  mari kita sama-sama membangun kepercayaan masyarakat," kata dia.

Sementara itu, Ketua Umum JMSI Pusat, Teguh Santosa mengatakan pihaknya akan berupaya mewujudkan kemeredekaan Pers yang profesional dan sehat. Dia menyebut hal itu juga menjadi tugas semua pihak, termasuk pemerintah.

"JMSI hadir untuk mewujudkan komitmen menjadikan ekosistem pers di Sumsel menjadi lebih baik lagi," kata dia.

Keberadaan JMSI di Sumsel tambahnya, bertujuan untuk memberikan payung organisasi bagi perusahaan pers siber dalam melawan disinformasi.

"JMSI mengakomodir media massa berbasis siber atau online. Tugasnya membina para pengelola media siber agar menjadi perusahaan pers yang profesional dan sehat dan  bertanggungjawab," ujarnya.

Ketua Umum JMSI Sumsel periode 2020-2025, Agus Harizal mengaku siap mengemban amanah dan mewujudkan pers Sumsel yang lebih baik.

Organisasi juga segera membentuk JMSI tingkat kabupaten/kota.

"JMSI siap menjadi organisasi perusahaan online yang profesional dengan memberikan berita yang akurat kepada masyarakat Sumsel," kata dia.

 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar