Forum Kades di Ogan Komering Ulu usulkan kenaikan gaji

id Forum Kades OKU, usulkan kenaikan gaji, kebutuhan hidup meningkat, DPRD OKU, Dinas PMD

Forum Kades di Ogan Komering Ulu usulkan  kenaikan gaji

Ilustrasi uang gaji (ANTARA/HO/21)

Baturaja (ANTARA) - Forum Kepala Desa (Kades) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, mengusulkan kenaikan gaji seluruh kades di wilayah itu agar bisa memenuhi kebutuhan hidup yang terus meningkat.

"Usulan ini kami sampaikan kepada DPRD OKU agar gaji kades naik dari Rp2.400.000 menjadi Rp4.000.000/bulan," kata Ketua Forum Kades Ogan Komering Ulu (OKU), Plando di Baturaja, Jumat.

Plando menjelaskan kenaikan gaji yang diajukan ini dinilai sudah layak diterima para kades dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Dengan kenaikan gaji kami lebih semangat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Menanggapi permintaan Forum Kades ini, Ketua DPRD OKU Marjito Bahri mengatakan, kepala desa merupakan ujung tombak pemerintahan di tingkat desa sehingga layak mendapat gaji sesuai dengan beban kerjanya.

“Memang sudah selayaknya gaji kepala desa ini naik. Saya berharap agar Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) OKU dapat mengusulkan gaji kepala desa agar dapat dinaikkan,” ujar Marjito.

Namun, kata dia, aturan terkait kenaikan gaji kades ini harus diteliti dan ditinjau kembali, apakah sudah sesuai dengan peraturan atau belum.

"Jika aturannya sudah ada, tidak salah jika kenaikan gaji kades dilakukan," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD OKU, Ahmad Firdaus mengatakan, sejauh ini pihaknya terganjal aturan untuk menaikan gaji kepala desa di wilayah itu.

“Sejauh ini kami terganjal aturan karena berdasarkan Peraturan Pemerintah gaji kepala desa yaitu sebesar Rp2.400.000/bulan,” katanya.

 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar