PLN aliri listrik ke wilayah tambak udang Kabupaten OKI

id herman deru,gubernur herman deru,tambak udang,tambak udang oki,kabupaten ogan komering ilir,kabuapaten oki

PLN aliri listrik ke wilayah tambak  udang Kabupaten OKI

Herman Deru mengunjungi petambak udang di Desa Bumi Pratama Mandira Kecamatan Sungai Menang Kabupaten OKI, Sabtu (23/1/2021). (ANTARA/HO/20)

Palembang (ANTARA) - PT PLN mengalirkan listrik ke wilayah tambak udang di Sungai Menang, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, yang sekaligus mendukung program pemerintah provinsi setempat “Listrik Masuk Tambak”.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu Daryono di Palembang, Minggu, mengatakan, program ini sejalan dengan program perusahaanyakni memberikan pelayanan hingga ke pelosok.

“Kami akan pasang tiang towernya pada pertengahan Februari, untuk mendukung kebutuhan listrik di kawasan itu,” kata dia.

Demi optimal layanan, PLN akan membangun 4 unit tower dengan tinggi 50 meter yang menyeberangi Sungai Mesuji sehingga tidak akan menggangu jalur pelayaran.

“Semoga saja target sesuai harapan,” kata dia.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan program Listrik Masuk Tambak ini merupakan kelanjutan dari program Listrik Masuk Sawah yang bertujuan meningkatkan produktivitas pertanian dan perternakan di Sumsel.

Pemprov menilai daerah memiliki potensi di sektor budidaya udang, namun selama ini kurang berkembang lantaran dihadapkan keterbatasan sarana dan prasarana.

“Kami sering mendengar keluhan petambak yang mengalami pembengkakan biaya produksi karena pasokan listrik PLN tidak tersedia,” kata dia.

Bukan hanya memberikan bantuan sarana dan prasarana, Pemprov Sumsel berupaya memberikan rasa aman atas bisnis yang dijalankan petambak. Salah satunya dengan menyerahkan 1.300 sertifikat hak milik tanah tambak tahap II kepada para penambak udang.

Pemerintah juga memberikan suntikan modal usaha melalui skema pinjaman perbankan berbunga ringan Kredit Usaha Rakyat yang dikhususkan ke petambak oleh Bank Sumsel Babel.

"Saya minta Bank Sumsel Babel untuk menghadirkan unit layanan ataupun kantor cabang di sini. Untuk memudahkan akses keuangan bagi petambak," kata dia.

Desa Bumi Pratama Mandira Kecamatan Sungai Menang Kabupaten OKI tersebut menjadi wilayah terluar bagi Provinsi Sumsel yang berbatasan langsung dengan wilayah Provinsi Lampung.

Pemprov juga bekerja sama dengan TNI dan Kepolisian untuk menjamin keselamatan berbisnis para petambak itu.

Ketua Perkumpulan Tambak Udang Desa Bumi Pratama Mandira Kecamatan Sungai Menang Kabupaten OKI, Samirun mengatakan selama ini mereka menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) untuk memenuhi kebutuhan energi listrik.

Ada juga warga yang menggunakan kincir angin berbahan bakar minyak.

"Kebutuhan listrik itu dalam posisi budidaya tambak udang mencapai 60 persen. Sedangkan sisanya, baru urusan pakan dan pemeliharaan. Dengan masuknya listrik PLN maka akan menekan biaya produksi,” kata dia.

Dalam satu kali panen, setidaknya ia bisa menghasilkan 1.400 ton udang dari dua lahan tambak.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar