Perbaikan jalan nasional di Kota Palembang dimulai Maret 2021

id Jalan palembang, perbaikan jalan palembang, jalan nasional palembang,Jalan Sriwijaya Raya, Jalan Mayjen Yusuf Singedekane, Jalan Alam Prawira Negara

Perbaikan jalan nasional di Kota Palembang dimulai Maret 2021

Wali Kota Palembang Harnojoyo, Selasa (19/1) (ANTARA/Aziz Munajar/21)

Palembang (ANTARA) - Perbaikan jalan nasional total sepanjang 30 kilometer di Kota Palembang akan dikerjakan mulai Maret 2021 dan membutuhkan waktu tiga tahun dengan masa pemeliharaan 12 tahun sebelum tanggung jawab pemeliharaan dialihkan ke pemerintah pusat. 

Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, Selasa, mengatakan proyek perbaikan jalan berbiaya Rp980 miliar itu akan dikerjakan dengan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) antara Balai Besar PJN Kementerian PUPR dengan PT Adhi Karya.

"Target pengerjaan selesai pada 2023, kemudian pada 2035 nanti baru jalan ini akan diserahkan lagi ke pemerintah pusat karena pada dasarnya ini jalan nasional," ujarnya. 

Menurut dia ruas jalan yang diperbaiki dimulai dari Terminal Karya Jaya sampai Jalan By Pass Alang-alang Lebar (terminal AAL) meliputi Jalan Sriwijaya Raya, Jalan Mayjen Yusuf Singedekane, Jalan Alam Prawira Negara, Jalan Soekarno-Hatta, hingga Fly Over Simpang Bandara. 

Selagi pengerjaan fisik berjalan, ia meminta petugas memasang timbangan agar kendaraan bertonase berat melebihi kapasitas tidak sembarangan melintas. 

Sementara Kepala Dinas PUPR Kota Palembang Ahmad Bastari menyebut jalan yang diperbaiki tersebut akan ditambahkan pedestarian selebar 3,5 meter yang memiliki dua jalur, dilengkapi lampu dan aksesoris yang mempercantik jalan. 

"Jalan ini akan ditingkatkan menjadi jalan percontohan nasional, ada juga tamannya dan pokoknya cantiklah," kata Bastari.