RS Bhayangkara Palembang kembangkan layanan Biorad CFX96 tes COVID-19

id rs polri palembang kembangkan layanna diagnosis covid-19, rs bhayangkara polda susmel, kapolda sumsel kembangkan layanan

RS Bhayangkara Palembang  kembangkan layanan Biorad CFX96 tes COVID-19

Kapolda Sumsel Irjen Pol.Eko Indra Heri S. ANTARA/Yudi Abdullah/21

Palembang (ANTARA) - Rumah Sakit Polri M Hasan atau Rumah Sakit Bhayangkara Polda Sumatera Selatan di Palembang mengembangkan layanan "Biorad CFX96 Real-Time System" untuk mendiagnosis COVID-19.

"Biorad CFX96 Real-Time System merupakan istilah baru pemeriksaan spesimen untuk memastikan diagnosis COVID-19 yang sebelumnya ada beberapa jenis pemeriksaan yang bisa dilakukan seperti tes cepat (rapid test) dan tes usap atau metode reaksi rantai polimerase (PCR)," kata Kapolda Sumsel Irjen Pol.Eko Indra Heri S di Palembang, Senin.

Dalam kesempatan menyampaikan laporan hasil uji konfirmasi laboratorium pada pemeriksaan spesimen COVID-19 dengan "Biorad CFX96 Real-Time System" kapolda mengatakan RS Bhayangkara Palembang sudah bisa melakukan pemeriksaan spesimen pada suatu bagian dari keseluruhan (sampel) yang diambil dengan metode tertentu.

Istilah baru pemeriksaan spesimen tersebut untuk memastikan diagnosis COVID-19 selain tes cepat dan tes usap atau PCR yang dikenal masyarakat selama ini.

Dia menjelaskan, berdasarkan laporan hasil uji konfirmasi laboratorium pada pemeriksaan spesimen COVID-19 dengan Biorad CFX96 Real-Time System yang dilakukan terhadap dirinya negatif.

Menindaklanjuti surat dari RS Bhayangkara Palembang perihal uji konfirmasi laboratorium pemeriksaan spesimen COVID-19 berdasarkan hasil uji konfirmasi biomedis dan teknologi dasar kesehatan didapatkan hasil uji konfirmasi spesimen positif 100 persen (20/20) dan spesimen negatif 100 persen (10/10).

Hasil tersebut didapat langsung dari Manajer Teknis Laboratorium Virologi, Subangkit M.Biomed yang dipertegas oleh keterangan dari Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan Dr.dr.Vivi Setiawaty M. Biomed.

Layanan "Biorad CFX96 Real-Time System" yang cukup efektif untuk mendiagnosis COVID-19 ini akan disosialisasikan kepada masyarakat seperti layanan yang sudah direkomendasikan organisasi kesehatan dunia (WHO) selama ini, ujar kapolda.