Program penerangan gunakan tenaga surya disalurkan ke pesantren 2021

id penerangan ,penerangan pln,penerangan tenaga surya,tenaga surya,anggota dpr ri

Program penerangan gunakan tenaga surya disalurkan ke pesantren 2021

Ilustrasi --- Warga beraktivitas di taman yang dipasangi instalasi lampu tenaga surya (solar panel) di Kudus, Jawa Tengah, Rabu (10/10). (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/kye/18.)

Palembang (ANTARA) - Program Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya yang dilaksanakan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral disalurkan ke pondok pesantren pada 2021 di Sumatera Selatan.

Anggota DPR RI Alex Noerdin di Palembang, Senin, mengatakan, prioritas dialihkan ke pondok pesantren pada tahun ini setelah dilakukan pemasangan 600 titik di Sumatera Selatan pada 2020.

“Ini salah satu program kemitraan DPR RI bersama Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi, Kementerian ESDM yang diharapkan dapat membantu masyarakat yang selama ini belum dialiri listrik,” kata mantan Gubernur Sumsel ini.

Ia mengatakan pada tahun ini selain pondok pesantren, pemerintah juga ditugaskan untuk memenuhi kebutuhan listrik untuk daerah-daerah pelosok.

Salah satu realisasi program ini yakni dibangunkannya penerangan jalan di Ponpes Aulia Cendikia.

Menurutnya, selain lampu tenaga surya, pesantren ini juga akan dibangunkan sumur bor, seperti yang sudah dibangun di kawasan pondok pesantren Raudhatul Ulum Sakatiga, Kabupaten Ogan Ilir.

Sementara itu, Pimpinan Ponpes Aulia Cendikia Hendra Zainuddin menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan pemerintah ini.

“Adanya bantuan ini membuat santri dapat beraktivitas pada malam hari,” kata dia.

Pesantren Aulia Cendikia saat ini memiliki 1.300 santri yang terbagi d kampus A, B dan C. Khusus di kampus C ini sudah terpasang 7 bantuan PJUTS yang digunakan untuk menerangi masjid dan asrama putri khusus penghafal Al Qur’an.

 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar