Dinkes Sumsel lanjutkan pendistribusian vaksin COVID-19

id pendistribusian vaksin covid-19, vaksin sinovac, vaksinasi , penyuntikan vaksin covid-19 sinovac, vaksin sinovac putis r,berita sumsel, berita palemba

Dinkes Sumsel lanjutkan pendistribusian  vaksin COVID-19

Petugas mengangkut vaksin COVID-19 Sinovac ke dalam mobil untuk didistribusikan di gudang vaksin (cold room) milik Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan di Palembang, Selasa (12/1/2021). . ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.

Palembang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Sumatera Selatan melanjutkan pendistribusian vaksin COVID-19 Sinovac ke Kabupaten Ogan Komering Ilir yang ditetapkan pemerintah pusat sebagai daerah penerima vaksin pada tahap pertama Januari 2021 ini.

"Setelah pendistribusian vaksin ke sejumlah tempat penyimpanan dan fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dan puskesmas di Palembang selesai dilakukan pada Selasa (12/1), hari ini dilanjutkan pendistribusian ke daerah lainnya," kata Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Lesty Nuraini di Palembang, Rabu.

Dia menjelaskan, pendistribusian vaksin COVID-19 Sinovac yang dilakukan ke Kabupaten Ogan Komering Ilir mencapai 6.400 dosis.

Sedangkan sebelumnya untuk mendukung pelayanan vaksinasi di Kota Palembang dilakukan distribusi 23.600 dosis vaksin COVID-19, katanya.

Pendistribusian vaksin tersebut awalnya direncanakan ke tujuh kabupaten dan kota yang masuk dalam daftar penerima vaksin tahap pertama yakni Kota Palembang dan Prabumulih, kemudian Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Banyuasin, Musi Banyuasin, dan Kabupaten Pali.

Perkembangan terakhir kegiatan pendistribusian vaksin COVID-19 di provinsi dengan 17 kabupaten dan kota itu direvisi.

Berdasarkan petunjuk dari pusat kegiatan pendistribusian vaksin tahap pertama direvisi hanya untuk dua daerah di wilayah Sumsel yakni Kota Palembang dan Kabupaten Ogan Komering Ilir, ujar kadinkes.

Sementara sebelumnya Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol.Supriadi mengatakan untuk mendukung keamanan dan kelancaran pendistribusian vaksin COVID-19, pihaknya menurunkan personel Brimob bersenjata lengkap melakukan pengawalan ke sejumlah gudang penyimpanan milik dinas kesehatan dan tempat pelayanan penyuntikan vaksin di Kota Palembang dan Kabupaten Ogan Komering Ilir.

"Personel Brimob diperintahkan melakukan pengawalan mulai dari gudang Dinas Kesehatan Sumsel di Palembang hingga ke titik akhir distribusi beberapa daerah yang ditetapkan sebagai penerima vaksin tahap pertama Januari 2021 ini," ujarnya.

Personel Brimob diturunkan mengawal pendistribusian vaksin Sinovac sebanyak 30 ribu dosis yang ada di gudang Dinkes Sumsel untuk memastikan tiba di kabupaten dan kota yang ditetapkan sebagai penerima vaksin tahap pertama itu sesuai jadwal yang ditentukan.

Penyuntikan vaksin COVID-19 yang direncanakan mulai dilakukan pada 14 Januari 2021 merupakan program nasional yang memerlukan dukungan pengamanan maksimal agar bisa berjalan dengan baik, katanya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar