Operasi SAR Sriwijaya dilanjutkan jika kondusif

id SAR, Basarnas, sriwijaya,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palembang hari ini

Operasi SAR Sriwijaya dilanjutkan  jika kondusif

Suasana posko operasi pencarian dan penyelamatan Sriwijaya SJ 182 di JICT, Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (13/1/2021). (ANTARA/Anom Prihantoro)

Jakarta (ANTARA) - Deputi Operasi dan Kesiapsiagaan Basarnas Bambang Suryo Aji mengatakan operasi pencarian serta penyelamatan (SAR) jatuhnya Pesawat Sriwijaya SJ 182 akan dilanjutkan jika cuaca mendukung dan aman.

"Nanti kalau ada perkembangan, sambil menunggu cuaca lebih baik, mungkin tim juga sudah akan melaksanakan operasi pertolongan," kata Bambang di Dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan beberapa elemen penyelamat juga bersiaga di atas perahu karet, meski tidak melakukan operasi pencarian.

Cuaca buruk, kata dia, menjadi kendala operasi SAR. Gelombang laut yang tinggi pada Rabu (13/1) ini membuat tim penyelamat dan pencari berada dalam kerentanan jika tetap melakukan SAR.

"Sejak pagi tadi kami memantau terus dan berkoordinasi dengan BMKG bahwa cuaca di lokasi tidak mendukung untuk operasi pertolongan dan pencarian dalam hal ini penyelaman," katanya.

"Kami infokan sejak tadi hingga saat ini cuaca belum kondusif untuk operasi, khususnya yang difokuskan untuk di bawah laut," kata dia.

Ia mengatakan pihaknya akan terus melakukan pembaruan informasi terkait kelanjutan upaya pencarian dan penyelamatan.

"Akan kami update pada sore atau malam hari apabila tim melakukan pencarian," kata dia.