Dinas Sosial Sumsel siapkan ratusan pendamping Bansos sembako

id dinsos, bansos, bantuan beras, sembako, bantuan sosial bantu masyarakat yang terdampak covid-19, dampak pandemi covid,berita sumsel, berita palembang,

Dinas Sosial Sumsel siapkan  ratusan pendamping Bansos sembako

Kegiatan sosial bagi-bagi paket sembako di Kota Palembang (ANTARA/Yudi Abdullah/21)

Palembang (ANTARA) - Dinas Sosial Sumatera Selatan menyiapkan 252 pendamping bantuan sosial sembako untuk masyarakat yang masuk dalam daftar keluarga penerima manfaat agar mendapatkan haknya sesuai dengan ketentuan.

"Saat ini tengah dilakukan rekrutmen 252 tenaga pendamping bansos sembako, diharapkan mereka bisa menjalankan tugasnya dengan baik membantu penyaluran bansos tersebut tepat sasaran," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Sumsel, Mirwansyah di Palembang, Selasa.

Menurut dia, sesuai jadwal pencairan kartu sembako akan dilakukan pemerintah pusat sebelum 20 Januari 2021.

Tenaga pendamping tersebut diharapkan bisa segera bertugas sehingga dapat menyosialisasikan program bansos dan membantu masyarakat memanfaatkannya, katanya.

Selain menyiapkan tenaga pendamping, pihaknya juga berupaya mengawasi secara ketat tiga jenis bantuan sosial program Kementerian Sosial yang dikucurkan pada tahun ini agar benar-benar tepat sasaran.

Tiga jenis bantuan sosial yang penyaluran diupayakan dipastikan jatuh ke tangan keluarga penerima manfaat yakni Bantuan Sosial Tunai (BST) Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Sembako.

Dia menjelaskan pada 2021 ini, terdapat 1.106.949 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di provinsi ini yang berhak menerima bansos program Kementerian Sosial.

Perincian bansos yang disalurkan kepada masyarakat secara bertahap pada tahun ini yakni Bantuan Sosial Tunai untuk 131.664 KPM sebesar Rp300.000/KPM selama empat bulan penuh.

Kemudian Bantuan PKH untuk 328.570 KPM, dan Bantuan Sembako untuk 646.715 KPM, ujarnya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar