Dinkes Sumsel distribusikan vaksin COVID-19 ke dua daerah

id distribusi vaksin sinovac, vaksin covid-19 sinovac, dinkes susmel distribusikan vaksin covid ke dua daerah, dua daerah s,berita sumsel, berita palemba

Dinkes Sumsel distribusikan  vaksin COVID-19 ke dua daerah

Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Lesty Nuraini. ANTARA/Yudi Abdullah/21

Palembang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Sumatera Selatan mendistribusikan vaksin COVID-19 Sinovac ke dua daerah yakni Kota Palembang dan Kabupaten Ogan Komering Ilir.

"Kegiatan distribusi mulai dilakukan hari ini untuk Kota Palembang 23.600 dosis dan dilanjutkan pada Rabu (13/1) ke Kabupaten Ogan Komering Ilir 6.400 dosis," kata Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Lesty Nuraini di Palembang, Selasa.

Dia menjelaskan, pendistribusian vaksin tersebut awalnya direncanakan ke tujuh kabupaten dan kota yang masuk dalam daftar daerah penerima vaksin tahap pertama dalam provinsi ini.

Tujuh daerah yang awalnya masuk dalam daftar penerima vaksin tahap pertama yakni Kota Palembang dan Prabumulih, kemudian Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Banyuasin, Musi Banyuasin, dan Kabupaten Pali.

Perkembangan terakhir kegiatan pendistribusian vaksin COVID-19 di provinsi dengan 17 kabupaten dan kota itu direvisi.

Berdasarkan petunjuk dari pusat kegiatan pendistribusian vaksin tahap pertama direvisi hanya untuk dua daerah yakni Kota Palembang dan Kabupaten Ogan Komering Ilir.

"Kegiatan pendistribusian vaksin tersebut dilakukan setelah memenuhi sejumlah persyaratan yang ditetapkan seperti Emergency Use Authorization (EUA), izin BPOM, dan fatwa halal MUI," ujar Lesty.

Setelah vaksin COVID-19 Sinovac itu terdistribusi dengan baik, pihaknya merencanakan kegiatan penyuntikan vaksin perdana di Kota Palembang pada 14 Januari 2021.

Sasaran penyuntikan vaksin tersebut tahap pertama di Sumsel 58.840 tenaga kesehatan, khusus untuk Kota Palembang sekitar 15 ribu tenaga kesehatan, katanya.