Pemkab Muba dorong percepatan operasional Blok Sakakemang

id minyak gas,migas,blok sakakemang,repsol,pemkab muba,musi banyuasin,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel har

Pemkab Muba dorong percepatan  operasional Blok Sakakemang

Blok Repsol di Sakakemang, Bayung Lincir, Kabupaten Musi Banyuasin. (ANTARA/HO/20)

Sekayu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, (Muba) Sumatera Selatan mendorong percepatan operasional Blok Sakakemang di Kecamatan Bayung Lencir setelah di lokasi tersebut ditemukan potensi gas sebanyak 2 triliun kaki kubik (TCF) pada 2019.

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex di Palembang, Selasa, mengatakan, pemkab akan memberikan dukungan dengan memberikan data mengenai tata ruang dan wilayah.

Selain itu, dalam waktu dekat akan dilakukan pembahasan mengenai penerimaan daerah serta Participating Interest (PI) yang akan dilakukan antara kontraktor Talisman dan BUMD Muba.

Ia menjelaskan, Pemkab Muba akan mempersiapkan BUMD yang khusus menjalin kerja sama dengan Pemprov Sumsel dalam rangka memaksimalkan PI sebagai penerimaan daerah dari hasil migas.

“Kami juga akan mengawal, agar eksplorasi migas ini tetap mengedepankan kelestarian lingkungan sekitar serta pemberdayaan masyarakat lokal,” kata dia.

Ia menambahkan, pemkab akan terus mengawal proses pra eksplorasi ini agar keberadaan Blok Sakakemang ini dapat bermanfaat bagi masyarakat.

General Manager Talisman Sakakemang B.V Greg Holman mengatakan perusahaanya akan mengikuti aturan yang berlaku di daerah operasi migas.

“Repsol yang bergerak di bidang energi, sama seperti PT Pertamina dan Chonocophilips. Kami memang bekerja sama dengan pemerintah pusat, namun area kerjanya di wilayah Provinsi Sumsel tepatnya di Kabupaten Muba dan siap mengikuti aturan yang berlaku di lapangan,” kata dia.

Perusahaan eksplorasi minyak dan gas asal Spanyol, Repsol menargetkan Blok Sakakemang di Kecamatan Bayung Lincir, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, beroperasi pada 2023.

Penemuan cadangan gas baru di Sumur Kaliberau 2 (KBD2X) Blok Sakakemang pada Februari 2019, disebut-sebut sebagai penemuan terbesar ke empat di dunia pada periode 2018-2019.

Sumur KBD2X di Blok Sakakemang itu diperkirakan memiliki potensi kurang lebih 2 TCF (trillion cubic feet), atau menjadi temuan terbaik dalam eksplorasi migas di Indonesia dalam kurun waktu 18 tahun.