Sepekan, rupiah menguat pada akhir 2020 hingga penutupan masuknya WNA

id Rupiah,WNA,Mobil listrik,IHSG,Obligasi konversi,Garuda

Sepekan, rupiah menguat pada akhir  2020 hingga penutupan masuknya WNA

Karyawan menghitung uang di salah satu gerai penukaran uang asing di Jakarta, Jumat (6/11/2020). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada sepekan terakhir, mulai dari rupiah yang menguat tajam pada akhir 2020 hingga dimulainya pelaksanaan penutupan masuknya Warga Negara Asing (WNA) dari seluruh negara ke Indonesia.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Rupiah akhir tahun ditutup menguat tajam, dekati Rp14.000 per dolar
Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada akhir tahun ditutup menguat mendekati level psikologis Rp14.000 per dolar AS.

Rupiah Rabu sore ditutup menguat 80 poin atau 0,57 persen ke posisi Rp14.050 per dolar AS dari posisi penutupan hari sebelumnya Rp14.130 per dolar AS.

Baca selengkapnya di sini

2. Garuda Indonesia terbitkan Obligasi Wajib Konversi Rp8,5 triliun
PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) resmi menerbitkan Obligasi Wajib Konversi (OWK) atau Mandatory Convertible Bond (MCB) senilai total Rp8,5 triliun, di mana penarikan dana talangan dari pemerintah itu pada tahap pertama sebesar Rp1 triliun.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam jumpa pers virtual, Senin, menjelaskan perjanjian penerbitan OWK telah diteken hari ini bersama PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) yang merupakan pelaksana investasi Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Baca selengkapnya di sini


3. IHSG akhir tahun ditutup di zona merah
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada akhir tahun ditutup di zona merah dibayangi sentimen pandemi COVID-19 yang masih merebak secara global dan domestik.

IHSG Rabu sore ditutup melemah 57,1 poin atau 0,95 persen ke posisi 5.979,07. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 turun 10,71 poin atau 1,13 persen ke posisi 934,89.

Baca selengkapnya di sini


4. Mobil listrik, Erick akan jajaki kerja sama dengan Tesla pada Februari
Menteri BUMN Erick Thohir akan melakukan penjajakan kerja sama dengan Tesla pada Februari terkait pengembangan industri mobil listrik di Indonesia.

"InsyaAllah di bulan Februari ini, saya akan membuka pembicaraan dengan Tesla untuk mengembangkan kerja sama ini,” kata Erick Thohir dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Baca selengkapnya di sini


5. Penutupan WNA ke Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta berjalan lancar
Pelaksanaan penutupan masuknya warga negara asing (WNA) dari seluruh negara ke Indonesia pada hari ini (1/1/2021) di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, berjalan lancar.

Kebijakan penutupan itu sesuai dengan Surat Edaran Nomor 04/2020 dari Satgas Penanganan COVID-19.

Ketua Satgas Udara Penanganan COVID-19 Kolonel Pas M.A Silaban (TNI AU) dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat mengatakan pemangku kepentingan bandara sudah memahami dan mengetahui kebijakan sebagaimana tercantum di dalam SE 04/2020 itu.

Baca selengkapnya di sini