Pemkab Muba janji bantu pengadaan lahan ruas Tol Betung

id tol trans sumatera,jalan tol trans sumatera,jtts,tol betung-jambi

Pemkab Muba janji bantu  pengadaan lahan ruas Tol Betung

Ilustrasi - Jalan Tol Trans Sumatera. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/foc.

Sekayu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin berjanji akan membantu menyelesaikan persoalan pengadaan lahan untuk pembangunan ruas Jalan Tol Betung yang menghubungkan simpang Kota Sekayu ke Tempino, Jambi sejauh 191 Kilometer.

Sekretaris Daerah Musi Banyuiasin Apriyadi di Sekayu, Sabtu, mengatakan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin komitmen mendukung penuh proyek strategis nasional itu agar target pembangunan konstruksi pada 2021 dapat terlaksana.

“Kami sudah menyarankan ke BPN bentuk satu tim khusus agar bisa benar-benar fokus, karena kawasan yang akan dilintasi ini ada lahan milik perusahaan dan masyarakat,” kata Apriyadi.

Adapun lokasi ruas tol tersebut akan melewati enam kecamatan yakni Kecamatan Babat Supat, Lais, Sungai Lilin, Keluang, Bayung Lencir, dan Kecamatan Tungkal Jaya dengan luasan 1.106 Hektare.

"Waktu pelaksanaan penyelesaian pengadaan tanah maksimal selama 272 hari kerja," kata dia.

Untuk mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, terutama masyarakat, Pemkab melakukan sosialisasi sejak awal tahun 2021

Tahapan persiapan pengadaan jalan tol diantaranya, melaksanakan pemberitahuan rencana pembangunan, pendataan awal lokasi, dan konsultasi publik.

Pembangunan Jalan Tol Betung-Jambi yang masuk dalam program Jalan Tol Trans-Sumatera ini ditargetkan melakukan pekerjaan konstruksi pada 2021 dengan harapan pada 2024 sudah tersambung.