GIPI Sumsel tingkatkan industri pariwisata dengan CHSE

id wisata sumsel,covid-19,chse,gipi

GIPI Sumsel tingkatkan  industri pariwisata dengan CHSE

Ketua GIPI Sumsel, Herlan Aspiudin . (ANTARA/Yudi Abdullah/20)

Palembang (ANTARA) - Pengurus Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Sumatera Selatan berupaya meningkatkan keamanan dan kenyamanan di lingkungan industri pariwisata yang tersebar di 17 kabupaten dan kota dengan sertifikat 'Clean, Health, Safety & Environment (CHSE}.

"Sertifikat CHSE sebagai upaya memberikan rasa aman dan nyaman terutama dari segi kebersihan kepada masyarakat yang memanfaatkan industri pariwisata," kata Ketua GIPI Sumsel, Herlan Aspiudin di Palembang, Rabu.

Menurut dia, seritikat CHSE menjadi salah satu elemen penting dalam pengembangan ndustri pariwisata di wilayah provinsi yang sering dijadikan tempat penyelenggaraan pertandingan olahraga bertaraf internasional itu.

Masyarakat yang merencanakan kunjungan ke tempat hiburan atau tempat wisata akan memilih tempat terbaik yang sudah memiliki sertifikat CHSE.

Untuk mendorong pelaku industri pariwisata seperti pengelola hotel, tempat hiburan, ojek wisata, dan restoran mengurus sertifikat CHSE, pihaknya terus melakukan sosialisasi pentingnya sertifikat tersebut.

Langkah pertama untuk mendapatkan sertifikat CHSE, pelaku industri pariwisata harus memiliki Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP).

Sebagian besar industri pariwisata di provinsi ini telah memiliki TDUP, melihat kondisi tersebut tidak sulit untuk mendorong mereka memperoleh sertifikat CHSE, kata Herlan.

Sementara menghadapi pandemi COVID-19 yang diprediksi pada 2021 belum berakhir, pihaknya berupaya meningkatkan disiplin protokol kesehatan di lingkungan industri pariwisata.

Protokol kesehatan seperti wajib menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak fisik penting diterapkan secara disiplin karena merupakan cara yang cukup efektif mencegah penularan antarpengunjung, pengunjung ke pengelola tempat wisata dan hiburan atau sebaliknya, ujar Ketua GIPI Sumsel.