Dinas Pertanian OKU segera fungsikan kartu tani

id Kartu Tani segera difungsikan, penyaluran pupuk bersubsidi, Januari 2021, 42 kios dilengkapi mesin EDC, Dinas Pertanian

Dinas Pertanian OKU segera fungsikan  kartu tani

Ilustrasi Kartu Tani (ANTARA/HO/20)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan segera memfungsikan Kartu Tani agar petani di wilayah itu lebih mudah mendapat pupuk bersubsidi dengan harga terjangkau.

"Rencananya Kartu Tani di OKU mulai bisa digunakan pada Januari 2021 mendatang," kata Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Ogan Komering Ulu (OKU), Joni Saihu melalui Kabid Sarana dan Prasarana, Agus Paharyono di Baturaja, Minggu.

Dia menjelaskan, pada awal tahun nanti penyaluran pupuk bersubsidi tidak lagi dilakukan secara manual, namun dengan sistem elektronik menggunakan Kartu Tani.

Menurut dia, sistem penyaluran bantuan pemerintah ini dinilai lebih efektif agar bantuan tepat sasaran dan petani lebih mudah mendapat pupuk bersubsidi untuk tanaman.

Dia mengemukakan, dari 18.804 keping target cetak Kartu Tani tahun ini tercatat lebih dari 14.235 keping diantaranya sudah selesai dicetak dan dibagikan kepada petani yang ada di Kabupaten OKU.

Para petani nantinya dapat membeli pupuk dengan harga terjangkau menggunakan Kartu Tani di 42 kios pengecer di Kabupaten OKU yang dilengkapi mesin EDC.

Puluhan kios pengecer ini akan menyalurkan pupuk bersubsidi kepada petani yang memegang kartu tersebut menggunakan mesin EDC.

"Saat ini sudah ada 42 kios pengecer di OKU yang sudah siap menyalurkan pupuk bersubsidi kepada petani pemegang Kartu Tani," kata dia.